OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING PADA UMKM PECI ASSAGOFAH DI DESA BANJARWANGI KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Nispi Yani Universitas Djuanda
  • Sri Harini Universitas Djuanda
  • Hendra Saputra Universitas Djuanda
  • Ara Hodailma Universitas Djuanda
  • Kartina Fitria Ningsih Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpmi.v2i1.1065

Abstract

Pengabdian masyarakat ini dilakukan di Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak dalam bidang usaha pembuatan atribut busana kaum pria yang berfokus pada optimalisasi digital marketing UMKM Peci Assagofah di Desa Banjarwangi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor. Fokus pendampingan kegiatan ini yaitu pada UMKM Peci Assagofah Desa Banjarwangi. UMKM ini dalam kegiatan pemasaran produknya belum optimal dalam penggunaan teknologi. Metode yang diberikan dengan memberikan pendampingan mengenai pentingnya pemanfaatkan digital marketing agar sistem pemasaran dan kegiatan penjualannya menjadi lebih baik, sehingga diharapkan dapat meningkatkan penjualan serta daya saing  dan memperluas target usaha. Solusi yang ditawarkan adalah dengan pembuatan akun media sosial kemudian dilanjutkan pada pendampingan penggunaan media sosial yang meliputi pembuatan akun media sosial seperti Instagram, WhatsApp Business, Facebook, Online Shop (Shopee), Google Maps dan upload konten produk pada media sosial.

 

References

Adams Cindy, 1966. Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia. Penerbit: Media Pressindo

Cahya, A., Suryadi, A., Evany, S. 2021, Pengelolaan Keuangan dan Strategi Promosi pada UMKM Peci Batik Yogyakarta, Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, Vol. 6 (1), Hal. 101-106. https://journal.untar.ac.id/index.php/jmbk/article/view/11391/9070

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. 2019. Digital marketing. BOOK, Pearson UK.

Kotler, P., 2000. Marketing Management, 10 th ed., Prentice-Hall, Sydney

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Purwana, D., Rahmi, R., dan Aditya, S. 2017, Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), Vol. 1 (1), Hal 1-17 http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpm/article/view/1781/1498

Putra, I, Nababan, D., Ligar, A. 2020. Dampak Pelatihan Manajemen Kreatif Industri Peci Menuju Sentra Peci di Desa Langonsari Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung, Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol. 11 (1). Hal 75-82. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/view/80

Rohim, A. dan Kurniawan, I., 2017 Manajemen Usaha Dan Produksi Pada Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Desa Carang Wulung Wonosalam, Journal Of Community Service. Vol 1, No 1, Hal. 23 – 28. https://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/COMVICE/article/view/116

Downloads

Published

2023-01-21

How to Cite

Yani, N., Harini, S. ., Saputra, H., Hodailma, A., & Ningsih, K. F. (2023). OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING PADA UMKM PECI ASSAGOFAH DI DESA BANJARWANGI KABUPATEN BOGOR. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA, 2(1), 30–35. https://doi.org/10.55606/jpmi.v2i1.1065