IMPLEMENTASI PROGRAM PENERIMA BANTUAN IURAN (PBI) JAMINAN KESEHATAN DI KOTA PEKANBARU

Authors

  • Husni Zelika Universitas Riau
  • Hasim As’ari Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.55606/jhpis.v1i4.706

Keywords:

Implementasi, Program, Kesehatan

Abstract

Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru melakukan berbagai inisiatif dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Penelitian ini mendeskripsikan implementasi dari program Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan di Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dengan memanfaatkan metodologi penelitian kualitatif menggunakan teori Korten tentang implementasi yaitu kesesuaian antara program dengan dengan kelompok sasaran, kesesuaian antara program dengan organisasi pelaksana dan kesesuaian antara krlompok sasaran dengan organisasi pelaksana. Adapun Teknik yang digunakan untuk memilih informan adalah dengan Teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan model interaktif dari Miles dan Huberman. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Implementasi Program Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan di Kota Pekanbaru. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Implementasi Program Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan di Kota Pekanbaru dalam meningkatkan kesehatan masyarakat di Kota dalam pelaksanaannya belum maksimal. Kemudian terdapat faktor penghambat dalam implementasi program Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan yaitu minimnya pengetahuan masyarakat tentang program PBI Jaminan Kesehatan, kurangnya sosialisasi terhadap masyarakat, dan kinerja organisasi pelaksana yang kurang optimal.



References

Buku

AG. Subarsono (2011). Analisis Kebijakan Publik (konsep teori dan aplikasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Akib, Haedar dan Tarigan, Antonius. (2008). Artikulasi Konsep Implementasi Kebijakan: Perspektif, Model dan Kriteria Pengukurannya. Jurnal Kebijakan Publik.

Arifin Tahir (2014). Kebijakan Publik dan Transparansi Penyelenggaraan Daerah. Bandung: ALFABETA.

Dunn, William. (1998). Pengantar Analisa Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.

Husein Umar. (2013). Metode Penelitian untuk Sripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali.

Muhaimin, Sutiah, Sugeng Listyo Prabowo. (2009). Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Sekolah & Madrasah. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyadi, Deddy. (2015). Study KebijakanPublik dan Pelayanan Publik. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Jurnal

Akbar Fauzan, Indira Chotimah , dan Rachma Hidana. (2019). Implementasi Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga (Pis-Pk) Di Puskesmas Mulyaharja Kota Bogor Tahun 2018.

Ayu Saraswati Novita, Murdiansyah Herman, dan Fika Fibriyanita (2020). Implementasi Program Kartu Indonesia Sehat Pada Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Puruk Cahu.

Erna, Ria Adriyani, Opi Supriyadi, dan Sumaryono. (2020). Implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS) Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Miskin.

Karunianingsih Yulia, Margaretha Suryaningsih. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Implementasi Kebijakan Kartu Indonesia Sehat di Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta.

Downloads

Published

2022-11-21

How to Cite

Husni Zelika, & Hasim As’ari. (2022). IMPLEMENTASI PROGRAM PENERIMA BANTUAN IURAN (PBI) JAMINAN KESEHATAN DI KOTA PEKANBARU. JURNAL HUKUM, POLITIK DAN ILMU SOSIAL, 1(4), 139–146. https://doi.org/10.55606/jhpis.v1i4.706