Inovasi Pelayanan Drive Thru di Polres Kabupaten Rokan Hilir

Authors

  • Risa Indayu Putri Universitas Riau
  • Zulkarnaini Zulkarnaini Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.55606/jhpis.v1i4.656

Keywords:

Inovasi, pelayanan Drive Thru; Polres Kabupaten Rokan Hilir

Abstract

Inovasi pelayanan Drive Thru di Polres Kabupaten Rokan Hilir untuk mengantisipasi dampak Covid-19, maka Polres Kabupaten Rokan Hilir meluncurkan inovasi pelayanan Drive Thru. Pelayanan tersebut seperti Perpanjangan SIM, pelayanan Samsat, perpanjangan SKCK, dan laporan kehilangan barang (LKB) melalui aplikasi digital. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana inovasi pelayanan Drive Thru di Polres Kabupaten Rokan Hilir dan untuk mengetahui faktor penghambat dari inovasi pelayanan Drive Thru. Penelitian ini menggunakan teori inovasi Everret M. Rogers dalam Anjani et al (2019:192) yang memiliki lima indikator, yaitu keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemungkinan dicoba, dan kemudahan diamati. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis sehingga ditarik kesimpulan dari masalah penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah inovasi belum berjalan dengan baik. Dikarenakan ada beberapa dari indikator yang masih belum tercapai sepenuhnya. Adapun faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam penelitian ini yaitu sosialisasi, sumber daya manusia, dan kurangnya pemahaman masyarakat tentang inovasi.

 

 

References

Arnas, Y., Cross-border, Z. Z.-, & 2021, undefined. (2021). Inovasi Jemput Layani Penderita Tbc (Jelita Tbc) Di Puskesmas Rambah Samo I Kabupaten Rokan Hulu. Journal.Iaisambas.Ac.Id, 4(2), 656–672. http://www.journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/965

Drucker, P. F. (1985). Innovation and Entrepreunership Practice and Principles. New York: Harper & Row.

Firdaus, Z. U. (2018). Analisis Inovasi Pelayanan Publik Pada Samsat Drive Thru Sape Bima. Jurnal Administrasi Negara, 15(3), 1–8.

Hardiyansyah. (2011) Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta, Gava Media.

Ibrahim, Amin. (2008) Teori dan Konsep Pelayanan Publik serta Implementasinya. Bandung, Mandar Maju.

Ilham, I., & RFS, H. T. (2016). Inovasi Pelayanan dalam Pengurusan Pajak Kendaraan Bermotor pada Uptd Samsat Kota Bukittinggi (Doctoral dissertation, Riau University).

Indonesia, R. (2 C.E.). Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Kepolisian Negara Republik Indonesia, 1999.

Indonesia, P. R. (2009). UU RI No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Lembaran Negara RI Tahun 2009. Sekretariat Negara. Jakarta, 2003(1), 20–28.

Jati, W. R. (2011). Inovasi Pelayanan Publik Setengah Hati: Studi Pelayanan Publik di SAMSAT Kota Yogyakarta. JSP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 15(1), 68–78. https://doi.org/10.22146/jsp.10926

Jinan Z. J & Haryadi Bambang., H. G. A. (2016). Efektivitas Pelayanan Pelaporan SPT Masa Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi Dan Badan Melalui Layanan Drive Thru. Jurnal InFestasi, 12(2), 1–8.

Marchianti, A., Nurus Sakinah, E., & Diniyah, N. et al. (2017). Digital Repository Universitas Jember Digital Repository Universitas Jember. In Efektifitas Penyuluhan Gizi pada Kelompok 1000 HPK dalam M eningkatkan Pengetahuan dan Sikap Kesadaran Gizi (Vol. 3, Issue 3).

Mayarni, Meilani, N. L., & Zulkarnaini. (2018). Kualitas Pelayanan Publik Bagi Kaum Difabel. Jurnal Kebijakan Publik, 9(1–68), 11–18.

Moleong. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muluk, Khairul. (2008). Knowledge Management: Kunci Sukses Inovasi Pemerintah Daerah. Malang: Bayumedia Publishing Lembaga Penelitian dan Dokumentasi FIA Universitas Brawijaya.

Putra, A. W., & Niswah, F. (2021). Inovasi Layanan Drive-Thru Perpustakaan Untuk Meningkatkan Budaya Literasi (Studi Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur). Publika, 25–38. https://doi.org/10.26740/publika.v9n2.p25-38

Salsabila, N. P., & Maryani. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Menuju Smart City Madani Di Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Reformasi, 11(2), 109–119. https://doi.org/10.33366/rfr.v

Sanna, A., Serafin, R., & Maganetti, N. (2011). E-health. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 6545, 697–720. https://doi.org/10.1007/978-3-642-19050-6_26

Sinambela. (2006). Reformasi Pelayanan Publik: Teori Kebijakan dan Inovasi.

Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tiaranika Usy, dan M. (2020). Inovasi Pelayanan SUPERONE (Surat Pengantar Online) Kecamatan Candisari Kota Semarang. Jurnal Kebijakan Publik Dan Tinjauan Manajemen, 10 (1), 222–239.

Downloads

Published

2022-11-12

How to Cite

Risa Indayu Putri, & Zulkarnaini , Z. . (2022). Inovasi Pelayanan Drive Thru di Polres Kabupaten Rokan Hilir. JURNAL HUKUM, POLITIK DAN ILMU SOSIAL, 1(4), 88–96. https://doi.org/10.55606/jhpis.v1i4.656