Kajian Moralitas Dan Etika Terhadap Pelaksanaan Hukum Media Di Indonesia

Authors

  • Silvana Oktanisa Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Fransisca Ully Marshinta Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.55606/jhpis.v2i1.1386

Keywords:

Hukum, Media, Etika, Moral

Abstract

Keefektifan serta peran media menjadikan media sebagai bagian penting dalam membentukkepribadian, perilaku dan pengalaman kesadaran masyarakat. Namun, persoalan yang terjadi pada media khususnya diIndonesia saat ini membawa pesandan pemberitaan yang seringkali lepas kendali dan tidak meperhitungkan nilai-nilai etis. Berbagai pelanggaran terjadi seperti pelanggaran media jurnalistik,pelanggaran hak cipta, pelanggaran media internet dan media sosial. Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan deskriptif analitis.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisa data diolah dengandata relevan, disajikan sistematik dengan kalimat sederhana disertai dengan kesimpulan. Penelitian ini berbasis pustaka oeh karena itu data yang digunakan adalah data kualitatif.Hasil temuan yang diperoleh adalah pengguna media massa baik kelompok maupun perorangan harus meletakkan nilai-nilaimoral Pancsila dan etika Pancasila serta mematuhi hukum media pada saat menggunakan dan memanfaatkan media massa.Kajian moral dan etika terhadap pelaksanaan hukum media adalah 3 obyek yang saling beririsan. Etika dengan moral menjadi berbeda ketika etika dijadikan refleksi kritis terkait nilai moral lalu berbeda dengan hukum media ketika hukum media berupa peraturan yang disah-kan oleh pemerintah untuk mengatur penggunaan media. Etika sama dengan moral ketika etika dijadikan pegangan untuk mengatur tingkah laku manusia sehingga jelas terkait dengan bagaimana hukum media dilaksanakan dan dipatuhi.

References

Cangara,Hafied. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. 2016. Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi . Jakarta. Kementerian Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Fabriar,Silvia Riskha.2014 .Etika Media Massa Era Global. Jurnal Komunikasi Islam,(online),Vol.6,No.1(http://www.ejournal.unisnu.ac.iddiakses 12/2/2021)

Hapsari, Sinung Utami Hasri.2012.Hukum Media, Dulu, Kini dan Esok.Riptek(online) Vol 6, No. 1 (http://bappeda.semarangkota.go.id diakses 14/2/2021)

Indriana, Dian.2011. Ragam Alat Bantu Pengajaran,cet pertama. Jogjakarta. DIVA Press.

Kaelan.2003.Pendidikan Pancasila. Jakarta. Paradigma

Komala, Lukiati.2009. Ilmu Komunikasi. Bandung. Widya Padjajaran.

Lukman,Dauri. 2010. Analisa Yuridis Terhadap Peranan Pers Sebagai Sarana Perlindungan Konsumen Melalui Surat Pembaca (Studi Kasus : Sengketa Antara PT. Duta Pertiwi Tbk VS Pemilik Kios-Apartemen Mangga Dua)” (online) (http://lontar.ui.ac.id diakses 12/2/2021)

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Pasha,Afifah Cinthia.2019. 6 Jenis Media Pembelajaran Sederhana, Bisa Bantu Sisswa agar tidak bosan. (online) (https://www.liputan6.com/ diakses 14/2/2021)

Prasetro, Brillyan Dimas.2017.Perlindungan Hukum Pencipta Lagu Terhadap Website Penyedia Jasa Download Lagu Gratis Dalam Media Internet. (online) (http://eprints.ums.ac.id diakses 14/2/2021)

Rapiyanta, Paulus Tofan. 2019. Modul Mata Kuliah Etika Profesi Teknologi Informasi dan Komunikasi. (online) (https://repository.bsi.ac.id diakses 12/2/2021)

Setiadi,Elly.M. 2003. Panduan Kuliah Pendidika Pancasila Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta. Gramedia

Sukamto &Surajiyo & Sriyono.2013. Etika Profesi Berbagai Bidang. Tangerang. Pustaka Mandiri

Taniredja, Tukiran & M.Afandi & Efi Miftha Faridli.2011.Paradigma Baru Pendidikan Pancasila Untuk Mahasiswa. Alfabetha.Bandung

Timur, Andia Jingga Langit Persada Timur &Jupriono&Lukman Hakim. .Pelanggaran Etika Media Sosial Dalam Penggunaan Instagram Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNTAG Surabaya. (online)(http://repository.untag-sby.ac.id diakses 13/2/2021)

Ully,Fransisca.2020. Pendidikan Pancasila. Palembang.Citrabooks.

Winarni& Rani Dwi Lestari.2019. Sumber Berita Netizen dalam Perspektif Etika Jurnalistik (Studi Kasus pada Media Online Jogja.tribunnews.com). Jurnal Pekommas, (online),Vol. 4 No. 1, April 2019,(http://www.journal.kominfo.go.id diakses 13/2/2021)

Wilensky, Harold.D.2005. Mass Society and Mass Culture : Interpendence or Independence?. St. New York.Martin’s Press Inc.

Downloads

Published

2023-03-15

How to Cite

Silvana Oktanisa, & Fransisca Ully Marshinta. (2023). Kajian Moralitas Dan Etika Terhadap Pelaksanaan Hukum Media Di Indonesia. JURNAL HUKUM, POLITIK DAN ILMU SOSIAL, 2(1), 179–188. https://doi.org/10.55606/jhpis.v2i1.1386