ANALISIS PROFIL USAHA ANGKRINGAN SOP BUAH DURIAN RAJA MEDAN

Authors

  • Zainarti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fitri Rorizki Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Arpin Dalimunthe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Affandi Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/jekombis.v2i1.987

Keywords:

Profil usaha, keuntungan, sop buah durian raja Medan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi profil bahan baku, modal, tenaga kerja, produksi, manajemen, dan keuangan Industri Sop Durian Raja Angkringan di Medan. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2022 selama sebulan penuh. Informasi yang digunakan berupa data primer dan sekunder, keduanya dikumpulkan melalui wawancara dengan pemilik perusahaan sop buah kemudian dianalisis secara deskriptif dalam bentuk tabel dan gambar. Berdasarkan temuan penelitian, perusahaan Sop Buah Raja Durian di Medan merupakan angkringan dengan modal sendiri, dua karyawan, dan kategori produk utama minuman. Sup buah adalah minuman paling populer, diikuti dengan jus dan es. Konsumen paling sering meminta es kolak durian, sop buah durian campur, dan es tebak kolak pisang koteng di antara kategori minuman tersebut. Buah-buahan adalah bahan baku utama. Memproduksi setiap hari, dengan sebagian besar pelanggan makan di sana serta beberapa memesan makanan untuk dibawa pulang atau diantar. berdasarkan temuan analitis untuk bulan Desember 2022.

References

Alex, Nitisemito. 2004. Studi Kelayakan dan Evaluasi Proyek. Bumi Aksara. Jakarta.

HARUN NUR JAMIEL, H. N. (2019). Analisis Ekonomi Usaha Angkringan Di Purwokerto (Studi Kasus Usaha Angkringan di Kecamatan Purwokerto Utara) (Doctoral dissertation, Universitas Jenderal Soedirman).

Kotler, P. 1997. Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia.Jilid 1.Prehallindo. Jakarta.

Mantra, Ida Bagus. 1985. Pengantar Studi Demografi. Cetakan Pertama. Nur Cahaya. Yogyakarta.

Siswanto, L. 2008. Kontribusi Home Industry dalam meningkatkan Kesejahteraan Sosial Ekonomi Keluarga.PGRI.Yogyakarta.

Soekartawi. 2003. Dasar Penyusunan Evaluasi Proyek. Pustaka Sinar Harapan.Jakarta.

Soekartawi. 2005. Pengantar Teori Agroindustri. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sukirno, S. 2005. Ekonomi Pembangunan, Proses, Masalah dan Dasar Kebijakan. Kencana Media Group. Jakarta.

Syuhada, N. N. Q. (2019). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN MELALUI PROGRAM ZAKAT PRODUKTIF USAHA ANGKRINGAN (KOMPARASI BAZNAS KOTA YOGYAKARTA DAN LAZIS YBW UII) (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Undang-Undang RI No. 20, 2008, tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

WANDA, A. A. (2022). PERMINTAAN TEPUNG TERIGU OLEH ANGKRINGAN DI KECAMATAN WANGON (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).

Wijoyo, A., Hidayat, A. B., Honi, R. A., Nuriyah, S., & Pangestu, S. A. (2022). Pengembangan Usaha Angkringan dengan Menggunakan Analisis SWOT. OKTAL: Jurnal Ilmu Komputer dan Sains, 1(12), 2237-2241.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Zainarti, Fitri Rorizki, Arpin Dalimunthe, & Affandi Hasibuan. (2023). ANALISIS PROFIL USAHA ANGKRINGAN SOP BUAH DURIAN RAJA MEDAN. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 140–148. https://doi.org/10.55606/jekombis.v2i1.987