Analisis Kinerja Keuangan Pada Kegiatan Bappeda Kabupaten Kediri Tahun Anggaran 2017-2021 Menggunakan Konsep Value for Money

Authors

  • Dian Mawardi Universitas Islam Kadiri
  • Kukuh Harianto Universitas Islam Kadiri
  • Mawar Ratih Kusumawardani Universitas Islam Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.55606/jekombis.v1i4.611

Keywords:

Efektivitas, Efisiensi, Ekonomis, Value for Money

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan anggaran kegiatan pada Bappeda Kabupaten Kediri berdasarkan analisis value for money pada periode tahun anggaran 2017 sampai dengan 2021. Pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, yang merujuk pada observasi realisasi anggaran kegiatan melalui implementasi pengukuran value for money dengan menggunakan rasio 3E, yaitu efektivitas, efisiensi dan ekonomis. Pengukuran efektifitas dimaksudkan untuk mengetahui apakah organisasi tersebut mencapai tujuan yang ditetapkan, jika sudah mencapainya berarti organisasi tersebut sudah berjalan efektif. Pengukuran efisiensi dilakukan dengan membandingkan realisasi belanja dengan standar belanjanya, sedangkan ekonomis adalah apakah pemerintah daerah dalam penggunaan belanjanya mampu melaksanakan target yang telah ditetapkannya. Hasil penelitian ini menyatakan rasio efektivitas, efisiensi dan ekonomis pada realisasi kinerja dan anggaran kegiatan pada periode tahun anggaran 2017-2021 Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Kediri sudah sesuai kriteria value for money.

References

Alimudin, F. & Damis, Y. (2018). Analisis Efektifitas dan Efisiensi Pengelolaan Anggaran Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Kabuapten Pinrang.

Hanifah, H. N., Widianti, H., & Mahmudah, N. (2020). Analisis Kinerja Keuangan Melalui Pendekatan Value for Money Pada Pengadilan Negeri Slawi.

Purwiyanti, D. (2017) “Analisis Kinerja Berbasis Konsep Value For Money pada Kegiatan Fisik Pekerjaan Irigasi Donggala Kodi (Studi di Dinas Pekerjaan Umum Kota Palu),” Jurnal Katalogis, Vol. 5 (No. 3).

Rosidah, N. (2017). Analisis Kinerja Pelaksanaan Anggaran Belanja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Timur.

Suriatman, M. & Syamsul (2021). Efektivitas dan Efisiensi Belanja di Bappeda Provinsi Sulawesi Tengah.

Downloads

Published

2022-11-03

How to Cite

Dian Mawardi, Kukuh Harianto, & Mawar Ratih Kusumawardani. (2022). Analisis Kinerja Keuangan Pada Kegiatan Bappeda Kabupaten Kediri Tahun Anggaran 2017-2021 Menggunakan Konsep Value for Money. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(4), 72–80. https://doi.org/10.55606/jekombis.v1i4.611