Peran Guru Dalam Mengembangkan Perilaku Asertif Pada Peserta Didik

Authors

  • Salsadilla Celina Rinaldi Universitas Potensi Utama
  • Arbana Syamanta Universitas Potensi Utama

DOI:

https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i2.1050

Keywords:

peran guru, perilaku asertif, peserta didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran guru dalam mengembangkan perilaku asertif pada peserta didik, metode pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode studi literatur dimana studi literatur merupakan serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data. Teknik pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini adalah kajian teoritis dimana informasi atau data yang diperoleh dari browsing internet, jurnal ilmiah dan juga sumber lainnya yang relevan. Sebagai guru atau pendidik yang professional harus berperan dalam membentuk karakteristik pada peserta didik , dimana guru terlebih dahulu memahami karakter pada peserta didik, guru juga harus bertugas mendisiplinkan, memberikan tanggung jawab, mengajari berbicara yang baik, dan memberi bebas dalam mengeluarkan pendapat pada peserta didik. Makna dari perilaku asertif adalah menerapkan keberanian untuk secara jujur, dan terbuka menyatakan perasaan seperti perasaan suka atau tidak suka, perasaan nyaman atau tidak nyaman, perasaan bahagia atau tidak bahagia, kebutuhan dan keberanian untuk mengemukakan pikiran- pikiran seperti ide-ide pendapat dan argumentasi apa adanya. Berdasarkan kajian tersebut hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dalam hal mengungkapkan pendapat para peserta didik tidak langsung dapat menjawab pertanyaan yang diberikan guru. Peserta didik masih perlu diberikan pilihan untuk dapat menjawab. Guru dapat membuat kelompok-kelompok dalam pembelajaran agar peserta didik dapat berinteraksi satu sama lain, peserta didik bebas berpendapat dalam kelompok tersebut. Tetapi masih ada peserta didik yang hanya diam saja saat di dalam kelompok dan tidak mau mengeluarkan pendapat. berdasarkan data yang di diperoleh guru berperan banyak dalam membentuk afirmasi diri peserta didik.

 

 

References

Aryanto, W., Arumsari, C., & Sulistina, D. (2020). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Remaja. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Cahyani, S. D., & M. (2017). Hubungan harga diri (self-esteem) dengan perilaku asertif peserta didik SMK Negeri 3 Metro tahun pelajaran 2016/2017. Hubungan Harga Diri (Self-Esteem) Dengan Perilaku Asertif Peserta Didik SMK Negeri 3 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017., 339–344.

Dwilestari, N. M. A. K., & Widiasavitri, P. N. (2022). Asertivitas Mahasiswa Organisatoris Ditinjau dari Kecerdasan Emosional dan Jenis Kelamin. Jurnal Psikologi Udayana, 9(1), 11. https://doi.org/10.24843/jpu.2022.v09.i01.p02

Eva Pradita Oktafiani. (2016). Peran Guru Dan Orang Tua Terhadap Sikap Asertif Kelas Atas Siswa Min 2 Bantul. Https://Medium.Com/. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Fatha Pringgar, R., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Pembelajaran Siswa. Jurnal IT-EDU, 05(01), 317–329.

Fauziah, I. (2014). Peran Guru dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik. 7(2), 1–8.

Hidayat, R. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Perilaku Asertif Pada Anak Usia Dini. 1, 85–94.

Juhji. (2016). Peran guru dalam pendidikan. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 52–62.

Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit, Mojokerto, 1–9.

Manizar, E. (2015). Peran Guru sebagai Motivator dalam Belajar. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 171–188. jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1047

Muthmainnah, Y. A. . (2018). PENGARUH SELF-ESTEEM TERHADAP ASERTIVITAS PADA REMAJA. 1–15.

Nabilah, R., & Rosalina, E. (2021). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Remaja Di Sma Negeri 5 Kota Jambi. Jurnal Psikologi Jambi, 4(2), 33–42. https://doi.org/10.22437/jpj.v5i02.10335

Nana Syaodih Sukmadinata. (2016). Landasan Psikologi Proses Pendidikan/ Nana Syaodih Sukmadinata. In Landasan Psikologi Proses Pendidikan (p. ).

Ramli, M. (2015). Hakikat pendidikan dan peserta didik. Tarbiyah Islamiyah, 5(1), 61–85. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/1825

Robert Alberti PhD, & Micahel Emmons PhD. (2017). Your Perfect Right.

Selawati Ambarita. (2021). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Siswa Pengguna Vape Di SMA Swasta Methodist-5 Medan.

Sugiyono. (2021). Metode Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Yoyo Zakaria Ansori. (2018). Menumbuhkan Karakter Baik Melalui Peranan Guru Di Sekolah. Https://Medium.Com/, 4(2). https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Downloads

Published

2023-01-18

How to Cite

Salsadilla Celina Rinaldi, & Arbana Syamanta. (2023). Peran Guru Dalam Mengembangkan Perilaku Asertif Pada Peserta Didik. Journal of Creative Student Research, 1(2), 01–13. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i2.1050

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.