STUDI PERSPEKTIF MASYARAKAT TERHADAP SIRUP PASCA PERNYATAAN BPOM MENGENAI TURUNAN GLIKOL DI APOTEK KOTA BANDUNG

Authors

  • Asti Widiani Universitas Padjadjaran
  • Rini Hendriani Universitas Padjadjaran

Keywords:

Sirup, Turunan Glikol, BPOM, Atypical Progressive Renal Failure

Abstract

Beberapa waktu terakhir, terdapat isu terkait Sirup yang mengandung etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) sebagai faktor penyebab penyakit gagal ginjal akut progesif atipikal pada anak. Beredarnya informasi tersebut membuat mayoritas masyarakat mengalami dilema dalam memilih obat yang aman dan tepat untuk anak. Penelitian ini menganalisa pola pembelian masyarakat terhadap Sirup anak yang mengindikasikan perspektif publik terhadap Sirup setelah adanya pengumuman BPOM terkait Sirup dengan metode deskriptif analitik, yakni komparasi tren pembelian obat Sirup di salah satu apotek Kota Bandung selama Bulan Oktober, November, dan Desember 2022. Hasil penelitian menunjukkan bhawa tren pembelian Sirup untuk merek Sanmol, Praxion, dan Tempra di salah satu apotek Kota Bandung cenderung menurun selama awal isu merebak, dan kembali naik saat BPOM merilis hasil pengawasan dan penindakannya.

References

BPOM RI. (2022). Badan Pengawas Obat dan Makanan. Hermes, 4(2), 1–8.

Dasopang, E. S., Zebua, N. F., & Julianty, S. M. (2023). MENGGUNAKAN OBAT SECARA AMAN DI KELURAHAN SUMBER KARYA , KECAMATAN BINJAI TIMUR. 2(1), 94–98.

Dukungan, H., Terhadap, K., Pasien, M., & Stroke, P. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 1707–1715.

Fickri, D. Z., & Klin. (2018). Formulasi Dan Uji Stabilitas Sediaan Sirup Anti Alergi Dengan Bahan Aktif Chlorpheniramin Maleat (Ctm). Journal of Pharmaceutical Care Anwar Medika, 1(1), 16–24.

Republik Indonesia, D. K. (1979). Farmakope Indonesia Edisi III. Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

RI, B. (2022). Penjelasan BPOM RI tentang Sirup Obat Untuk Anak Di Gambia, Afrika Yang Terkontaminasi Dietilen Glikol Dan Etilen Glikol. bit.ly/BPOM-isu-Sirup-gambia

Vikram, M., & Wulandari, A. (2021). Uji Efek Etanol Daun Pepolo Terhadap Kreatinin Ureum Tikus Putih Jantan Diinduksi Etilen Glikol. XVIII(1).

Downloads

Published

2023-03-22

How to Cite

Asti Widiani, & Rini Hendriani. (2023). STUDI PERSPEKTIF MASYARAKAT TERHADAP SIRUP PASCA PERNYATAAN BPOM MENGENAI TURUNAN GLIKOL DI APOTEK KOTA BANDUNG. Termometer: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan Dan Kedokteran, 1(2), 201–206. Retrieved from https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/Termometer/article/view/1416