FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT STRES MAHASISWA PROFESI NERS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GORONTALO DALAM MENJALANI PRAKTIK PROFESI

Authors

  • Firmawati Firmawati Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Haslinda Damansyah Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Niken Mile Universitas Muhammadiyah Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.55606/termometer.v1i2.1293

Keywords:

Faktor Tingkat Stres, Praktik Profesi

Abstract

Proses pembelajaran mahasiswa profesi Ners dalam pembelajaran klinik di lahan praktik dapat mengalami hambatan diantaranya tugas dan bebas kerja selama praktik, hubungan dengan rekan kerja di lahan praktik, pengetahuan mahasiswa, lingkungan praktik, keterampilan merawat pasien dan dukungan pembimbing akademik atau dosen, Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat stres mahasiswa profesi Ners Universitas Muhammadiyah Gorontalo dalam menjalani praktik profesi. Desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel 81 orang menggunakan teknik sampling secara accidental sampling. Hasil penelitian diperoleh faktor usia yang terbanyak adalah usia 23-24 tahun sebanyak 64 responden (79%), faktor tugas/beban kerja mayoritas kategori rendah sebanyak 35 responden (43,2%) dan faktor lingkungan mayoritas kategori rendah sebanyak 32 responden (39,5%). Hasil uji statistik chi-square faktor usia nilai p-value 0,922, faktor tugas/beban kerja nilai p-value 0,015 dan faktor lingkungan nilai p-value 0,297. Disimpulkan bahwa faktor tugas/beban kerja mempengaruhi tingkat stres mahasiswa profesi Ners Universitas Muhammadiyah Gorontalo dalam menjalani praktik profesi.

 

References

Pranata, L. (2021). Manajemen Keperawatan. Solok: Insan Cendekia Mandiri.

Antariksawan, I. W., Lutfiana, I., Kresnayana, M. Y., Keytimu, Y. M. H., Sundayana, I. M., Widiarta, G. B., … Anggraini, S. (2021). Inovasi Pembelajaran Berbasis Blended Learning Di Keperawatan. Bandung: Media Sains Indonesia.

Mukhoirotin, Efendi, S., Limbong, M., Hidayat, W., Rumerung, C. L., Sihombing, R. M., … Lubbna, S. (2021). Pengantar Keperawatan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Patriyani, R. E., Ningsih, S. R., Sulistyowati, E. C., Sunaryati, B., Suyanto, Setyawati, D., … Indriati, R. (2022). Konsep Dasar Keperawatan. Sukoharjo: Tahta Media Group.

Putri, S. D., Elita, V., & Indriati, G. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Stres Pada Mahasiswa Keperawatan yang Pertama Kali Menjalani Praktik Klinik. Journal Online Mahasiswa Bidang Ilmu Keperawatan, 5(2), 485–494.

Tasalim, R., & Cahyani, A. R. (2021). Stres Akademik dan Penanganannya. Bogor: Guepedia.

Kadiyono, A. L., Savitri, J., Anggraeni, M. T., Apriliani, A., Puspitasari, I., Adelina, I., … Sosca, I. (2021). Family Resilience dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Gorontalo: Ideas Publishing.

Wahyuni, L. T. (2018). Vol. XII, No. 3 April 2018. Menara Ilmu, 12(3), 72–79.

Hidayah, N., & Seprian, D. (2022). Buku Saku Coping Strategy Pada Kondisi Darurat Bencana Di Komunitas Remaja. Pekalongan: NEM.

Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.40-47

Riyadi, S. (2018). Faktor Peningkatan Kinerja Melalui Job Stres. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Saleh, L. M., Russeng, S., & Tadjudin, I. (2020). Manajemen Stres Kerja. Yogyakarta: Deepublish.

Dini, M. P., Fitrysari, R., & Asmoro, C. P. (2020). Analisis Hubungan Antara Self Efficacy dan Beban Kerja Akademik dengan Stres Mahasiswa Profesi Ners. Psychiatry Nursing Journal, 2(2), 78–91.

Pati, W. C. bayu. (2022). Pengantar Psikologi Abnormal (Definisi, Teori dan Intervensi). Pekalongan: Nasya Expanding Management.

Dewi, C. F. (2017). Penyebab Stres Pada Mahasiswa Keperawatan STIKES ST. Paulus Ruteng.

Downloads

Published

2023-02-24

How to Cite

Firmawati Firmawati, Haslinda Damansyah, & Niken Mile. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT STRES MAHASISWA PROFESI NERS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GORONTALO DALAM MENJALANI PRAKTIK PROFESI. Termometer: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan Dan Kedokteran, 1(2), 29–36. https://doi.org/10.55606/termometer.v1i2.1293