HUBUNGAN TINGKAT KEPATUHAN TERAPI INSULIN DENGAN KADAR GLUKOSA TERHADAP PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI PUSKESMAS TELAGA KABUPATEN GORONTALO

Authors

  • Andi Akifa Sudirman Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Abdul Wahab Pakaya Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Erni U. Adam Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Keywords:

Kadar Glukosa, Kepatuhan Terapi Insulin

Abstract

Diabetes Melitus adalah penyakit yang disebabkan oleh tubuh yang tidak dapat melepaskan atau menggunakan Insulin secara adekuat sehingga Kadar Glukosa dalam darah meningkat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Tingkat Kepatuhan Terapi Insulin dengan Kadar Glukosa terhadap Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Di Puskesmas Telaga Kabupaten Gorontalo. Desain penelitian adalah Kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Smpel dalam penelitian ini berjumlah 40 responden, menggunakan teknik Total Sampilng. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner, menggunakan uji statistik chi-square dengan tingkat signifikan α (0,05).Dapat disimpulkan bahwa ada Hubungan Tingkat Kepatuhan Terapi Insulin dengan Kadar Glukosa terhadap Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Di Puskesmas Telaga Kabupaten Gorontalo.Hasil didapatkan responden patuh dengan kadar glukosa normal 35 orang dan responden tidak patuh dengan kadar glukosa tinggi sebanyak 2 orang dan rendah sebanyak 3 orang dengan nilai p value 0,000.

 

References

Fitriani, Y., Pristianty, L., &Hermansyah. (2019). Pendekatan Health Belief Model (HBM ) Untuk Menganalisis Kepatuhan Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Dalam Menggunakan Insulin Adopting Health Belief Model Theory To Analyze The Compliance Of Type 2 Diabetes Mellitus Patient When Using Insulin Injection.16, 167–177.

Nanda. (2018). Nanda et al , 2018. Hubungan Kepatuhan Minum Obat Anti Diabetik Anti Regulari Kadar Gula Darah pada Pasien Diabetes Melitus. 2018.

Riskesdas. (2018). Kementian Kesehatan RI.

Studi, & Si. (2017). Hubungan Tingkat Pengetahuan Terhadap Kepatuhan Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Di Rsud Sukoharjo. 2017.

Sudirman, A. A. (2017). Diabetes Melitus, Diabetes Self Management Education (DSME) and Self Care Diabetik. 2017.

Sudirman, A. A., & Modjo, D. (2021). Efektivitas Diabetes Melitus, Diabetes Self Management Education (DSME) terhadap Kadar Glukosa Darah pada pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Wilayah Puskesmas Limboto barat. 2021.

Suryati. (2021). Buku Keperawatan Latihan Efektif Untuk Pasien Diabetes Mellitus Bebasis Hasil Penelitian . Grup Penerbitan Cv Budi Utama. Budi Utama.

Sutawardana, J.H., Putri, W. N., & Widayati. N. (2020). Hubungan Self Compassion Dengan Kepatuhan Terapi Insulin Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Di Rsd. 5, 2020.

Downloads

Published

2023-02-24

How to Cite

Andi Akifa Sudirman, Abdul Wahab Pakaya, & Erni U. Adam. (2023). HUBUNGAN TINGKAT KEPATUHAN TERAPI INSULIN DENGAN KADAR GLUKOSA TERHADAP PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI PUSKESMAS TELAGA KABUPATEN GORONTALO. Termometer: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan Dan Kedokteran, 1(2), 01–09. Retrieved from https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/Termometer/article/view/1288