Konseling Kelompok Behavior Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa SMP Negeri 3 Simo

Authors

  • Ayu Sri Astuti Universitas PGRI Semarang
  • Dini Rakhmawati Universitas PGRI Semarang
  • Argo Widiharto Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.1435

Keywords:

Layanan Konseling Kelompok Behavior, Kedisiplinan Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi siswa yang tidak disiplin dalam belajar di sekolah ditunjukkan dengan meninggalkan kelas saat jam pelajaran, siswa gaduh dikelas, banyak siswa yang tidak mengerjakan tugas disekolah, dan siswa melanggar tata tertib. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian true experimental dengan model matched grups desaigns. Populasi penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Simo dengan jumlah 147 siswa. Sampel diambil 16 siswa yang kedisiplinan belajar rendah. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengumpul data yang dipergunakan adalah skala kedisiplinan belajar siswa. Analisis yang digunakan untuk menguji validitas instrument adalah korelasi antara butir dan skor yang dikerjakan dengan korelasi Product Moment sedangkan untuk menguji reliabilitas dengan bantuan program komputer SPSS 22,0 for windows. Hasil pretest mengenai skala kedisiplinan belajar dapat diketahui terdapat 7 siswa pada kategori rendah, 1 siswa pada kategori sangat rendah. Hasil posttest skala kedisiplinan belajar dapat diketahui terdapat 7 siswa pada kategori tinggi, 1 siswa pada kategori rendah. Hasil uji Independent Sampel Test nilai sig. 0.002 < 0.05, hipoteses layanan konseling kelompok melalui pendekatan behavior berpengaruh meningkatkan kedisiplinan belajar siswa memiliki perbedaan yang signifikan. Dari uraian di atas, maka dapat dikatakan bahwa layanan konseling kelompok melalui pendekatan behavior efektif untuk mengurangi disiplin belajar siswa.

References

Alwisol. 2009. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Corey, Gerald. 2005. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.

Ekosiswoyo Rasdi, Maman Racham.2000. Manajemen Kelas Sesuai dengan Kurikulum D-II PGSD. Semarang : IKIP Semarang Press.

Djamarah, Syaiful Bahri & Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gumelar,Yuda. 2011. Pendekatan Behaviouristik. http://yudagumelar.blogspot.com/2011/07/pendekatan-behaviouristik.html.

Hurlock, Elizabeth. Perkembangan Anak 2. Jakarta: Erlangga.

Koesoma, Doni. 2007. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Komalasari, Gantina, dkk. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT. Index.

Latipun. 2011. Psikologi Konseling. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Prihatin, Eka. 2011. Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta

Sardiman. 2008. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rinika Cipta.

Sudrajat, Akhmad. 2011. Mengatasi Masalah Siswa Melalui Layanan Konseling Individual. Yogyakarta: Paramitra Publishing.

Sugianto, Akhmad. 2014. Teori pendekatan Behavioral. http://akhamad-sugianto.blogspot.com/2014/03/teori-pendekatan-behavioral//.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Supriatna, Mamat. 2011. Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi: Orientasi Dasar Pengembangan Profesi Konselor. Jakarta: Rajawali Press.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT Trasito Bandung.

Sukardi, Dewa Ketut. 2008. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sunarso. 2009. Pelajaran Pkn Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 2 Sekolah Dasar. Jakarta : Perpustakaan Nasional.

Supriatna, Mamat. 2011. Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi: Orientasi Dasar Pengembangan Profesi Konselor. Jakarta: Rajawali Press.

Surya Mohamad. 2003. Teori-Teori Konseling. Bandung : Bani Quraisy.

Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prrestasi Siswa. Jakarta: Grasindo Gramedia Widiasarana Indonesia.

Walgito, Bimo. 2002. Pengantar Psikologi Umum.Yogyakarta:ANDI.

Wantah, Maria J. 2005. Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2023-03-26

How to Cite

Ayu Sri Astuti, Dini Rakhmawati, & Argo Widiharto. (2023). Konseling Kelompok Behavior Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa SMP Negeri 3 Simo. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(2), 46–59. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.1435

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.