Penguatan Pendidikan Karakter Religius Pada Pembelajaran Pai Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 1 Kecamatan Mungka

Authors

  • Rani Olivia Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Salmi Wati Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Arman Husni Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Zulfani Sesmiarni Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.1430

Keywords:

Penguatan, Pendidikan Karakter, Keagamaan, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi penguatan pendidikan karakter religius dalam pembelajaran PAI di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kabupaten Mungka dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi penguatan pendidikan karakter religius dalam pembelajaran PAI di kelas. XI IPS di SMA Negeri 1 Kabupaten Mungka. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini adalah guru PAI sebagai informan kunci dan informan pendukung yaitu kepala sekolah, perwakilan kurikulum, dan siswa kelas XI IPS. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan inferensi data. Kemudian teknik keabsahan data penulis menggunakan triangulasi teknis dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor pendukung penguatan pendidikan karakter religius dalam pembelajaran PAI di kelas XI IPS adalah dukungan pemerintah kabupaten sebagai pembuat kebijakan terkait pendidikan agama di sekolah dukungan masyarakat, dukungan orang tua yang merupakan pendidikan pertama di pembentukan karakter religius anak, lingkungan di sekolah, dukungan teman sebaya yang membawa pengaruh baik. Sedangkan faktor penghambat penguatan pendidikan karakter religius dalam pembelajaran PAI kelas XI IPS adalah lingkungan di sekolah yang memberikan pengaruh buruk, kurangnya kemauan dan motivasi dari siswa itu sendiri untuk melaksanakan karakter religius dalam kehidupan.

References

Aida, Siti Nur. 2020. Pembelajaran pendidikan Karakter. Jogjakarta: KBM Indonesia.

Al-Fawwaz, Faridatunnuha Khoha. 2018. Implementasi Religious culture melalui program penguatan pendidikan karakter di MAN 4 jakarta. Jakarta: UIN Syarif hidayatullah

Aniyah, Nur. 2013. Pembentukan karakter melalui pendidikan agama Islam. Semarang: Universitas Negeri semarang Jawa Tengah.

Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-Dasar Penilitan Ilmiah. Bandung: Cv Pustakastia.

Dangnga, Muhammad Siri. 2017. Strategi Guru Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter di Sekolah. Parepare: LP2M Universitas Muhammmadiyah Parepare.

Hadi, Sutrisno. 2000. Metode Research I. Yogyajarta: Andi Offset.

Hafizh, Muhammad. 2018. Penerapan nilai religius dalam pembentukankarakter siswa SD 14 Piliang Batu Sangkar”, Vol 2,No 1.

Hidayat, Otib Satibi. 2020. Pendidikan Karakter Anak sesuai pembelajaran abad ke-21. Jakarta: Edura UNJ.

Ilmi, Darul. 2017. Kewibawaan (High Touch) sebagai media pendidikan karakter. Journal of Islamic Studies. 1 (1).

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Konsep dan Pedoman Peenguatan Pendidikan Karakter.

Khairuddin. 2016. Meningkatkan kompetensi akhlah siswa melalui proses pembelajaran. Journal Of Educational studies, Vol.1, No.2.

Kurniawan, Syamsul. 2013. Pendidikan Karakter konsepsi dan implementasi secara terpadu di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Yogyakarta: Arruzz Media.

Lathifah, Nur. 2021. Pengutan Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Elkatarie ilmu pendidikan dan sosial 4 (1).

M, Iswantir. Strategi Pemberdayaan Institusi Pendidikan Islam dalam Persaingan Global. Bukittinggi: IAIN Bukittinggi.

Margono, S. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Marzuki. 2017. Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah.

Mustari, Mohamad. 2014. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Depok: PT Raja grafindo Persada.

Mutmainah. 2019. Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PAI. (Yogyakarta: Universitas Sunan Kalijaga.

Pebrio, Anta. 2018. Implementasi penguatan pendidikan karakter religius pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 13 Palembang. Palembang: UIN Raden Fatah.

Purwanti, Rr. 2021. Peran Guru dalam pennguatan pendidikan karakter masa pandemi covid-19 dari segi pemanfaatan gawai. Palembang.

Rianawati. 2020. Guru Pelaksana Pendidikan Karakter di Sekolah. Pontianak: IAIN Pontianak Press.

Sator, Djam’ah dan Aan. 2009. Metodologi Penenlitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sesmiarni, Zulfani. 2021. Nilai-nilai pendidikan Agama Islam dalam Q.S Luqman ayat 12-19 telaah tafsir Al-Azhaar dan Al-Misbah. 5 (2)

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfa Beta.

Sugiyono. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryanti, Eny Wahyu dan Widayanti, Febi Dwi. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter berbasis Religius. Malang: Universitas Wisnuwardhana Malang.

Taufiqurrohman. 2020. Penguatan pendidikan karakter Religius melalui Kegiatan Pembaisaan di SDN Kemirejo 3 Kota Malang. Magelang: Universitas Muhamadiyah Magelang.

Undang-undang R.I. Nomor 9 Tahun 2009 tentang Badan Hukum Pendidikan. Surabaya: Kesindo Utama.

Downloads

Published

2023-03-25

How to Cite

Rani Olivia, Salmi Wati, Arman Husni, & Zulfani Sesmiarni. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Religius Pada Pembelajaran Pai Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 1 Kecamatan Mungka. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(2), 11–34. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i2.1430

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.