Pengembangan Bahan Ajar Pengantar Teknologi Informasi Berbasis Virtual Learning

Authors

  • Sekreningsih Nita Universitas PGRI Madiun
  • Andria Andria Universitas PGRI Madiun
  • Allia Whira Setyo Putri Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.55606/juprit.v2i1.1224

Keywords:

R&D, Virtual Learning, Moodle, Teknologi Informasi

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi yang semakin pesat membawa dampak perubahan yang signifikan dibidang pendidikan khususnya dalam pengembangan bahan ajar secara virtual.  Implementasi metode pembelajaran berbasis virtual menjadi trend teknologi saat ini dan  berperan sebagai alternatif lain dari pembelajaran secara tatap muka, terutama untuk proses belajar pada mata pelajaran yang bersifat teori. Namun terdapat masalah utama yaitu infrastruktur, terutama pada ketersediaan jaringan internet, rendahnya bandwith, harga yang masih tergolong mahal untuk sewa server sampai pemeliharaan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini menggunakan metode R & D (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan media ajar berbasis Virtual Learning (VL) dengan bantuan aplikasi open source Moodle yang dapat digunakan untuk menyampaikan bahan ajar Pengantar Teknologi Informasi (PTI) pada prodi Teknik Informatika UNIPMA dan dapat diterapkan secara gratis. Target capaian belajar mahasiswa untuk mata kuliah PTI lulus 100% dengan nilai memuaskan

References

Herbimo,W., PENERAPAN APLIKASI MOODLE SEBAGAI SALAH SATU MODEL PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEM, Jurnal Karya Ilmiah Guru, Vol. 5, No.1 Edisi Khusus KBM Pandemi COVID-19, 2020

Natasia,C., Puspasarie, D., 2020, Pemanfaatan Media E-Learning Moodle Untuk Menunjang Pembelajaran Mahasiswa di Fakultas Manajemen dan Bisnis Universitas Ciputra, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume 8, Nomor 1, 2020.

Iin Seprina, Iin., Yulianingsih, E., PEMANFAATAN MOODLE DALAM IMPLEMENTASI E-LEARNING DI SEKOLAH KEJURUAN (Studi kasus: SMK Bina Jaya Palembang), Jurnal Ilmiah Betrik, Volume.12, No.02, Agustus 2021

Muslimah, T., Maulida Fauziah, A,N., PENERAPAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH ,MANUSIA, PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS, Vol. 9, No. 2 Hal. 234-241 Juli 2021.

Arfian Wiguna, I,W., Indrayani, L., Pemanfaatan E-Learning Berbasis Moodle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN Bali Mandara, Jurnal Pendidikan Ekonomi Volume 10, Number 1, Tahun 2022, pp. 56-64.

Rizal, S., PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATAKULIAH PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH, Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Februari 2019 VOL. 19, NO. 2, 178-192.

Sa’diyah, H., Yuni Alfiyah, H., Tamin AR, Z.,Nasaruddin, MODEL RESEARCH AND DEVELOPMENT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, El-Banat, Volume 10 Nomor 1 (2020).

Yuliani, W., Banjarnahor, N., METODE PENELITIAN PENGEMBANGAN (RND) DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING, Quanta, Vol. 5, No. 3, September 2021.

Alfaried, N.,R.,1 , Retno Indah Rokhmawati, I, R., Amalia, F., Pengembangan Modul Elektronik pada Pembelajaran Search Engine Marketing (SEM) dengan Metode Research and Development (R&D) (Studi pada: SMK PGRI 3 Malang), Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 6, No. 4, April 2022, hlm. 1728-1736.

Wanto,S., Okilanda, A. , Arisman, dkk., KUPAS TUNTAS PENELITIAN PENGEMBANGAN MODEL BORG & GALL, Wahana Dedikasi , Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, Vol.3 No 2 Tahun 2020 ISSN Print/online: 2655-5069 2655-5077.

Downloads

Published

2023-02-15

How to Cite

Sekreningsih Nita, Andria Andria, & Allia Whira Setyo Putri. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Pengantar Teknologi Informasi Berbasis Virtual Learning. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 2(1), 117–125. https://doi.org/10.55606/juprit.v2i1.1224