Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process Untuk Menentukan Pemilihan E-Marketplace

Authors

  • Dahnial Dahnial STIA Satya Negara Palembang

DOI:

https://doi.org/10.55606/juprit.v2i1.1212

Keywords:

E-Marketplace, Promosi, AHP, Expert Choice

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memberikan pengaruh yang begitu besar khususnya e- Marketplace. E-Marketplace tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli dengan bebas seperti layaknya di dunia nyata. E-Marketplace memiliki konsep seperti pasar bebas. PT. Asianindo Pratama ingin memanfaatkan teknologi internet dalam penjualannya yang bertujuan untuk promosi dan meningkatkan omset. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan e-Marketplace yang cocok digunakan dengan melihat dari segi kualitas servis, kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas vendor yang dimiliki oleh e-Marketplace. Metode penelitian ini menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan menggunakan Software Expert Choice. Dari hasil penelitian kriteria yang paling unggul adalah kriteria vendor dengan nilai bobot 0,34, Kualitas informasi dengan nilai bobot 0,25, Kualitas sistem dengan nilai bobot 0,22 dan kualitas servis dengan nilai bobot 0,19. Sedangkan alternatif e- Marketplace yang paling unggul adalah Tokopedia dengan nilai bobot 0,48 atau 48%, Untuk di urutan kedua adalah Shopee dengan nilai bobot 0,34 atau 34% dan yang diurutan ketiga adalah Bukalapak dengan nilai bobot 0,18 .

 

References

T. Sutabri, Sistem Informasi Manajemen. 2016.

A. Kurnia, A. Pradana, E. Nurfarida, P. Kediri, And I. P. Kediri, ―Pemasaran Secara Online Usaha Makanan Bayi Dan Anak Menggunakan Marketplace,‖ Vol. 3, Pp. 149–162, 2017.

N. I. Royanti, E. Yunianto, P. Studi, And T. Informatika, ―Issn : 1907-7912 Eissn : 2622-8092 Pemilihan E-Marketplace Bagi Pedagang Batik Pekalongan Sebagai Usaha Perluasan Akses Pasar Issn : 1907-7912 Eissn : 2622-8092,‖ 2014.

A. Kadir, Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. 2014.

R. Amin, (2015). Metode Analytical Hierarchy Process Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Internet Service PROVIDER,‖ vol. 1, no. FEBRUARI, 2015.

Warjiyono, ―Volume 1 No 1 – 2015 Lppm3.bsi.ac.id/jurnal,‖ vol. 1, no. 1, pp. 10– 16, 2015. T.

Downloads

Published

2023-02-09

How to Cite

Dahnial Dahnial. (2023). Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process Untuk Menentukan Pemilihan E-Marketplace. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 2(1), 105–116. https://doi.org/10.55606/juprit.v2i1.1212