Analisis Penggunaan Gaya Bahasa dan Majas dalam Album Lagu “Ego dan Fungsi Otak” Fourtwnty

Authors

  • Putri Cantika Dewi Universitas Islam Bandung
  • Febby Andriani Saputri Rahman Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupensi.v2i3.653

Keywords:

Majas, Album Lagu, Fourtwnty.

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan gaya Bahasa dan majas dalam album “Ego dan Fungsi Otak” Fourtwnty Banyak musisi Indonesia yang memiliki ciri khas pada lirik lagu yang mereka ciptakan dengan penyampaian yang berbeda juga. Setiap jenis musik memiliki ciri khas dan karakter masing-masing untuk menarik pendengarnya. Salah satunya ialah band Fourtwnty yang terkenal dengan permainan kata yang terdapat dalam setiap lirik lagunya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan menggunakan Teknik Pustaka. Berdasarkan hasil penelitian dalam album “Ego dan Fungsi Otak” Fourtwnty ditemukan beberapa gaya bahasa yaitu: (a) majas perbandingan yang terdiri dari hiperbola, personifikasi, metafora, alegori, sinekdok, sinestesia, dan litotes; (b) majas penegasan yang terdiri dari pleonasme, repitisi, aferesis, elipsis, asonansi, dan retoris; (c) majas sindiran yang terdiri dari sarkasme, ironi, dan sinisme.

References

Al-Ma'ruf, A. i. (2009). stilistika: teori, metode, dan aplikasi pengajian estetika

bahasa . solo: CakraBooks.

Amriyah, N., & Isnaini, H. (2021). Campur Kode Sudjiwo Tedjo dalam Dialog Interaktif Indonesia Lawyers Club TvOne Episode Setahun Jokowi-Maruf: Dari Pandemi Sampai Demokrasi. Jurnal Disastra, Vol. 3 No.1, 98-103.

Aprilianti, D., Herawati, M. N., & Isnaini, H. (2019). Pengaruh Pemberian Hadiah terhadap Minat Siswa dalam Menulis Teks Cerpen pada Siswa SMP. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP Siliwangi, Vol. 2 No.3, 427-432.

Bahasa, P. (2008). Tesaurus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, Depertemen Pendidikan Nasional.

Cahyo, A. N., Manullang, T. A., & Isnan, M. (2020). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Sarkasme pada Lagu . Jurnal Sastra.

Isnaini, H., & Herliani, Y. (2022). Gaya Humor Pada Puisi “Iklan” Karya Sapardi Djoko Damono Jurnal Metabasa: Universitas Siliwangi, Volume 4, Nomor 1, 1-9.

Isnaini, H. (2021). Tafsir Sastra: Pengantar Ilmu Hermeneutika. Bandung: Pustaka Humaniora.

Kridalaksana, H. U. (1993). kamus linguistik. Jakarta: Gramedia.

Nurgiyantoro, B. (2014). stilistika. Yogyakarta: Gajah mada University press.

Putri, A. A., Astri, N. D., & Simanullang, R. S. (2020). Analisis Gaya Bahasa Dalam Lirik Lagu Fourtwnty: Kajian Stilistika. JPBSI, 110.

sudaryanto. (1992). Metode dan Aneka Tekhnik Analisis Bahasa (pengantar penelitian wahana kebudayaan secara linguistik). Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Warodah, E. (2014). Kumpulan Majas, Pantun, dan Peribahasa plus Kesusastraan Indonesia. Jakarta: Ruangkata.

Wellek, R., & Werren , A. (1989). Teori Kesusasteraan (Terjemah Melani Budianto). Jakarta: Gramedia .

Wibowo, S. (2013). Analisis Gaya Bahasa Pada Lirik Lagu Grup Musik Wali dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Pembelajaran Apresiasi Puisi di SMA. Purworejo: Skripsi.

Yanuasanti, T. E. (2017). DIKSI, CITRAAN DAN MAJAS DALAM KUMPULAN LIRIK LAGU BANDA NEIRA(ANALISI STILISTIKA). Universitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

2022-11-11

How to Cite

Putri Cantika Dewi, & Febby Andriani Saputri Rahman. (2022). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa dan Majas dalam Album Lagu “Ego dan Fungsi Otak” Fourtwnty. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 2(3), 33–38. https://doi.org/10.55606/jupensi.v2i3.653