ANALISIS PERBANDINGAN STRATEGI PEMASARAN DAN KEPUASAN KONSUMEN BUTIK L BY LAUDYA CYNTHIA BELLA DAN BUTIK AUDIRA DI KOTA JAMBI

Authors

  • Leni Sagita Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • As’ad Isma Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Nurlia Fusfita Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55606/jumbiku.v2i3.916

Keywords:

Perbedaan, Strategi Pemasaran, Kepuasan Konsumen

Abstract

Pada saat ini fashion Muslim sedang mengalami perkembangan yang signifikan, setiap toko berusaha menghadirkan produk-produk unggulan yang sesuai dengan trend yang sedang terjadi di pasaran dan diminati para konsumen. Semakin banyaknya pilihan membuat konsumen bingung untuk menentukan membeli produk yang mana. Strategi pemasaran dan kepuasan konsumen menjadi pembanding bagi konsumen agar dapat mengetahui perbedaan antara toko satu dengan toko lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan strategi pemasaran dan kepuasan konsumen Butik L By Laudya Cynthia Bella dan Butik Audira di Kota Jambi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner dan wawancara. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif komparatif. Metode analisis yang digunakan adalah uji independent sample t-test. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara strategi pemasaran Butik L By Laudya Cynthia Bella dan Butik Audira. Untuk kepuasan konsumen, diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,467 > 0,05 yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kepuasan konsumen Butik L By Laudya Cynthia Bella dan Butik Audira.

References

P. Larasati dan E. Y. A. Gunanto, “Faktor Penentu Keputusan Berbisnis Fashion Muslim dengan Pendekatan AHP,” J. Ekon. Syariah Teori Dan Terap., vol. 8, no. 6, hlm. 669, Des 2021, doi: 10.20473/vol8iss20216pp669-685.

S. Larasati dan Moh. Kadri, “Analisis Strategi Pemasaran di Toko Najwa Dalam Menciptakan Kepuasan Pelanggan,” JEKSYAH Islam. Econ. J., vol. 1, no. 1, hlm. 46–54, Mei 2021, doi: 10.54045/jeksyah.v1i1.294.

E. Sahabat, L. Mananeke, dan M. D. B. Walangitan, “Analisis Perbandingan Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Aryaduta Manado dan Hotel Sintesa Peninsula Manado,” vol. 9, no. 4, hlm. 9, 2021.

Nazarudin, Manajemen Strategik. Palembang: NoerFikri Offset, 2020.

M. Indrasari, Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press, 2019.

S. Zainurossalamia ZA, Manajemen Pemasaran Teori dan Strategi. Nusa Tenggara Barat: Forum Pemuda Aswaja, 2020.

K. R. Kentari dan I. Purnama, “Analisis Perbandingan Strategi Pemasaran Distro Estizy dan Distro Aladdin di Kota Bima,” vol. 11, no. 1, hlm. 9, 2021.

M. Y. Saleh dan M. Said, Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar: CV Sah Media, 2019.

P. Kotler dan G. Armstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi Ke-12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga, 2008.

H. A. Fadila dan S. E. Astutiningsih, “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Rabbani pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Tulungagung,” vol. 7, no. 1, hlm. 12, Jul 2021.

A. Latief, “Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa),” J. Manaj. Dan Keuang., vol. 7, no. 1, hlm. 90–99, Mei 2018, doi: 10.33059/jmk.v7i1.756.

P. Kotler dan K. L. Keller, Marketing Management 14th Edition. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education, Inc, 2012.

V. W. Sujarweni, Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2021.

Nuryadi, T. Dewi Astuti, E. Sri Utami, dan M. Budiantara, Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media, 2017.

S. Siyoto dan M. A. Sodik, Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.

I. P. Ade Andre Payadnya dan I. G. Agung Ngurah Trisna Jayantika, Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2020.

R. A. Purnomo, Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. Ponorogo: CV. Wade Group, 2017.

A. Pratama, J. L. Sepang, dan H. N. Tawas, “Analisis Perbandingan Diferensiasi Produk dan Citra Merek pada Pembeli Pakaian di Giordano dan Polo (Studi Kasus di Manado Town Square 1),” vol. 6, no. 4, hlm. 10, 2018.

Downloads

Published

2022-12-27

How to Cite

Sagita, L. ., Isma, A. ., & Fusfita, N. . (2022). ANALISIS PERBANDINGAN STRATEGI PEMASARAN DAN KEPUASAN KONSUMEN BUTIK L BY LAUDYA CYNTHIA BELLA DAN BUTIK AUDIRA DI KOTA JAMBI. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(3), 56–66. https://doi.org/10.55606/jumbiku.v2i3.916

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.