PENGARUH PENDIDIKAN, PENDAPATAN, PEKERJAAN DAN JUMLAH TANGGUNGAN TERHADAP KEMISKINAN RUMAH TANGGA DI DESA TELUK RENDAH ILIR

Authors

  • Ainatul Muassarah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Eja Armaz Hardi Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Khairiyani Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55606/jumbiku.v2i3.909

Keywords:

Pendidikan, Pendapatan, Pekerjaan, Kemiskinan Rumah Tangga, Jumlah Tanggungan, Desa Teluk Rendah Ilir

Abstract

Kemiskinan merupakan keadaan dimana terjadi ketidakmampuan dalam memenuhi kebutuhan dasar seperti, makanan, pakaian, tempat tinggal, pendidikan dan kesehatan. Kemiskinan dapat berupa gambaran tidak terpenuhinya dari sisi materi, kurangnya kebutuhan sosial, pendapatan, akses terhadap sumber-sumber tertentu dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Pendidikan, Pendapatan, Pekerjaan dan Jumlah Tanggungan Terhadap Kemiskinan Rumah Tangga Di Desa Teluk Rendah Ilir. Skripsi ini menggunakan metode kuatitatif dengan data penelitian diperoleh dari data primer melalui kuesioner atau wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Logistik dengan menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) Pendidikan berpengaruh positif terhadap Kemiskinan Rumah Tangga di Desa Teluk Rendah Ilir. . 2) Pendapatan berpengaruh positif terhadap Kemiskinan Rumah Tangga di Desa Teluk Rendah llir. 3) Pekerjaan berpengaruh negatif terhadap Kemiskinan Rumah Tangga di Desa Teluk Rendah llir. 4) Jumlah Tanggungan berpengaruh negatif terhadap Kemiskinan Rumah Tangga di Desa Teluk Rendah llir. 5) Secara simultan Variabel Pendidikan, Pendapatan, Pekerjaan dan Jumlah Tanggungan berpengaruh signifikan terhadap kemiskinan rumah tangga di Desa Tangga di Desa Teluk Rendah Ilir. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikan sebesar 0,000 yag lebih kecil dari 0,05.

References

Antonius Purwanto. Sosiologi Industri dan Pekerjaan. Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2021.

Bambang Sudaryana. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2022.

Bonaraja Purba. Ekonomi Pembangunan. Yayasan Kita Menulis.

Moch Toichah, Dinamika Pendidikan Islam Pasca Orde Baru. Yogyakarta: LKiS Pelangi Angkasa, 2015.

Septi Rindawati. Strategi Peningkatan Pendapatan Nelayan. Media Sains Indonesia, 2021.

Listiawati. Pertumbuhan dan Pendidikan Ekonomi Islam: Analisis Kesejarahan. Jakarta: Kencana, 2016.

Sigit Hermawan, Amirullah. Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Malang: Media Nusa Creative, 2021.

Hamid Darmadi. Pengantar Pendidikan Era Globalisasi. An1mage, 2019.

Harini Fajar Ningrum. Perekonomian Indonesia. Bandung: Media Sains Indonesia, 2022.

Hasan Ismail. Ekonomi Politik Pembangunan: Kajian Isu Politik Pembangunan Di Indoneisa. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2018.

Jusuf Soewadji. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2012.

Khomsan, Ali. Indikator kemiskinan dan misklasifikasi orang miskin. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2015.

Kompri. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Mertha Jaya. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif : Teori, Penerapan dan Riset Nyata. Yogyakarta: Anak Hebat INDONESIA, 2020.

Nilda Susilawati. Pengentasan Kemiskinan Menggunakan Model Center Of Islamic Bussiness And Ecoomic Studies. Yogyakarta: Samudera Biru, 2018.

Tukiran Taniredja, Hidayati Mustafidah. Penelitian Kuantitatif ( Sebuah Pengantar). Bandung: ALFABETA, 2014.

Slamet Riyanto. Metode Riset Penelitian Kuantitatif. DEEPUBLISH, 2020.

Nilda Susilawati. Pengentasan Kemiskinan Menggunakan Model Center Of Islamic Bussiness And Ecoomic Studies. Yogyakarta: Samudera Biru, 2018.

Tukiran Taniredja, Hidayati Mustafidah. Penelitian Kuantitatif ( Sebuah Pengantar). Bandung: ALFABETA, 2014.

Slamet Riyanto. Metode Riset Penelitian Kuantitatif. DEEPUBLISH, 2020.

Sugeng, Bambang. Fundamental Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2020.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatid dan R& D. Bandung: ALFABETA, 2016.

V. Wiratna Sujarweni. Metode Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: PUSTAKABARUPRESS, 2020.

Artikel Jurnal :

Ayu Setyo Rini dkk. “Faktor-Faktor Penentu Kemiskinan Di Indonesia: Analisis Rumah Tangga.” Universitas Airlangga 02 (2016).

Citra Pratama, Yoghi. “Analisis Fakto-faktor yag Mempengaruhi Kemiskinan Di Indonesia.” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 04 (2014): 211.

Elvira Handayani Jacobus dkk. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemiskinan Rumah Tangga Di Sulawesi Utara.” Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi 19 (2018).

Endang Budi Sri Rahayu, Usman Moonti, Ardiansyah, Maya Novrita Dama, Imam Prawiranegara Gani dan Yulianti Torawale. “Pengaruh Jumlah Tanggungan Dan Pendidikan Terhadap Kemiskinan.” Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis 15 (2022).

Eriyadi dkk. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Rumah Tangga Miskin Di Kota Jambi.” Prodi Magister Ilmu Ekonomi, Program Pascasarjana Univesitas Jambi 16 (2021).

Erli Widhi Astuti. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemiskinan Rumah Tangga (Kasus Di Kabupaten Semarang).” Economics Development Analysis Journal 7 (2018).

Indrawati, Rabaniyah. “Pengaruh Pendidikan da Pekerjaan terhadap Kemiskinan Rumah Tangga dengan Lingkungan Sebagai Variabel Modetering di Kecamatan Balano Kabupaten Parigi Moutong.” Fakultas Ekonomi dab Bisnis Islam IAIN Palu 1 (2019).

Multifiah. ZIS Untuk Kesejahteraan Ummat. Malang: Universitas Brawijaya Press, 2011.

Pitma Pertiwi. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Tenaga Kerja Di Daerah Istimewa Yogyakarta.” Fakultas Ekonomi Universitas Yogyakarta, 2015.

Rina Nasmiwati dan Mike Triani. “Analisis FAktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemiskinan Rumah Tangga Di Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan.” Jurnal Kajian Ekonomi dan Pembangunan 1 (2019).

Sodik Dwi Purnomo dkk. “Hubungan Pendidikan dan Kemiskinan: Pendekatan Variabel Mediasi Pendapatan Per Kapita.” Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman, 2020.

Valliant, Hendy Chahya. “Pengaruh Keterampilan, Pendidikan dan Jumlah Tanggungan Terhadap Kemiskinan Rumah Tangga Di Desa Paowan Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo.” Universitas JEMBER, 2019, 72.

Internet

“BPS Provinsi Jambi,” 2019-2021.

Desa Teluk Rendah Ilir

“Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa Teluk Rendah Ilir Tahun 2017-2022,” 10 September 2016.

Downloads

Published

2022-12-26

How to Cite

Muassarah , A. ., Hardi , E. A. ., & Khairiyani. (2022). PENGARUH PENDIDIKAN, PENDAPATAN, PEKERJAAN DAN JUMLAH TANGGUNGAN TERHADAP KEMISKINAN RUMAH TANGGA DI DESA TELUK RENDAH ILIR. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(3), 37–47. https://doi.org/10.55606/jumbiku.v2i3.909

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.