ANALISIS PERBANDINGAN PENILAIAN KINERJA KEUANGAN MENGGUNAKAN FINANCIAL VALUE ADDED (FVA) DENGAN MARKET VALUE ADDED (MVA) DENGAN PENDEKATAN TIME SERIES PADA INDUSTRI TRANSPORTASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • FITRI ZAHRIANA Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.55606/jumbiku.v2i3.585

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan penilaian kinerja keuangan menggunakan financial value added (FVA) dengan market value added (MVA) dengan pendekatan time series pada Industri Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, bertujuan untuk mengetahui standart akutansi keungan di perusahaan berjalan dengan baik atau belum dan untuk mengetahui apakah persediaan sudah sesuai dengan aturan yang berlaku di perusahaan. Poupulasi penelitian ini adalah 46 Perusahaan Industri Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020 dan Sampel pada penelitian ini yaitu 10 Perusahaan Industri Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Teknik analisis yang digunakan adalah Deskrptif Kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kinerja keuangan Perusahaan Transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia menurut metode Market Value Adde (MVA) memiliki nilai yang positif dibandingkan metode Financial Value Adde (FVA). Namun untuk perhitungan dengan metode Financial Value Adde (FVA) memberikan hasil yang negatif yang dikarenakan rendahnya laba yang dihasilkan perusahaan dimana rata-rata perusahaan memiliki laba yang bernilai negatif.Hal ini berarti perhitungan Market Value Adde (MVA) memiliki hasil yang lebih baik dibandingkan perhitungan Financial Value Adde (FVA).

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

FITRI ZAHRIANA. (2022). ANALISIS PERBANDINGAN PENILAIAN KINERJA KEUANGAN MENGGUNAKAN FINANCIAL VALUE ADDED (FVA) DENGAN MARKET VALUE ADDED (MVA) DENGAN PENDEKATAN TIME SERIES PADA INDUSTRI TRANSPORTASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(3), 89–96. https://doi.org/10.55606/jumbiku.v2i3.585