ANALISIS PENGEMBANGAN FASILITAS RUANG TUNGGU DI BANDARA KOMODO LABUAN BAJO - NUSA TENGGARA TIMUR

Authors

  • Yusrina Radha Program Studi Manajemen Transportasi Udara STTKD Yogyakarta
  • Aditya Dewantari Program Studi Manajemen Transportasi Udara STTKD Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jumbiku.v2i2.298

Keywords:

Fasilitas, Ruang Tunggu, Bandara

Abstract

Bandar udara merupakan komponen penting dalam pelayanan transportasi udara. Bandar udara Komodo labuan bajo sangat berperan penting sebagai pintu atau akses wisatawan untuk mengunjungi Provinsi Nusa Tenggara Timur. Fasilitas ruang tunggu bandara adalah fasilitas pendukung bagi setiap bandara dan memiliki peran yang sangat penting dalam proses keberlangsungan aktivitas di bandara.

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis kelengkapan fasilitas ruang tunggu di Bandara Komodo Labuan Bajo 2) untuk mengetahui pengembangan fasilitas ruang tunggu di Bandara Komodo Labuan Bajo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder berupa dokumen-dokumen yang berasal dari perusahaan.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) Fasilitas yang berada di ruang tunggu Bandara Komodo Labuan Bajo pada umumnya yaitu kursi, Toilet, AC, Musholla, WIFi, tempat charger, Cafe, Souvenir, Nursery room, serta ruang bermain anak. Pengembangan fasilitas di Bandara Komodo Labuan Bajo 3 tahun terakhir mengalami perkembangan namun tidak signifikan. Salah satu contohnya yaitu penambahan fasilitas dan penambahan kursi diruang tunggu. 2) Pihak bandara komodo Labuan bajo telah melakukan beberapa perbaikan serta pengembangan terhadap beberapa fasilitas-fasilitas yang ada di ruang tunggu agar pengguna fasilitas yang ada diruang tunggu merasa aman dan nyaman saat berada diruang tunggu, seperti penambahan kursi ruang tunggu sekitar 300 kursi sehingga dari 207 kursi menjadi 507 kursi, serta pelebaran ruang tunggu yang dimana ukuran awal sekitar 20,2m² dan setelah pelebaran area ruang tunggu sekitar 31,5m² dan ruang busui yang berukuran sekitar 30x20cm.

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Radha, Y. ., & Dewantari, A. . (2022). ANALISIS PENGEMBANGAN FASILITAS RUANG TUNGGU DI BANDARA KOMODO LABUAN BAJO - NUSA TENGGARA TIMUR. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(2), 30–34. https://doi.org/10.55606/jumbiku.v2i2.298

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.