PENGARUH KUALITAS LAYANAN LOW COST CARRIER (LCC) PADA MASKAPAI CITILINK TERHADAP KEPUASAAN WISATAWAN DOMESTIK DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL LOMBOK ZAINUDDIN ABDUL MADJID

Authors

  • Mindah Kurniatun Program Studi Manajemen Transportasi Udara STTKD Yogyakarta
  • Hodi S.Ip., M.M Program Studi Manajemen Transportasi Udara STTKD Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jumbiku.v2i2.297

Keywords:

Kualitas Layanan, Kepuasan Wisatawan

Abstract

Pengaruh Kualitas Layanan Low Cost Carrier (LCC) Pada Maskapai Citilink Terhadap Kepuasaan Wisatawan Domestik Di Bandar Udara Zainuddin Abdul Majid : Minda Kurniatun. Transportasi udara merupakan salah satu jenis transportasi yang dinilai memiliki efisiansi, efektifitas, kecepatan, keselamatan dan kenyamanan yang baik bagi penumpang yang akan berpegian. Maka dari itu kita bisa melihat seberapa besar peran dari transportasi udara dalam menunjang keberhasilan industri parawisatawan. Salah satu perusahaan penerbangan yang menyediakan penerbangan dari berbagai kota di indonesia menuju Lombok yaitu Maskapai Citilink. Perusahaan penerbangan ini menyediakan layanan Low Cost Carrier. Layanan ini melakukan penghematan dari layanan full service,dimana penghematan tersebut akan berdampak pada pengurangan harga tiket pesawat yang ditawarkan. Untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan Low Cost Carrier pada Maskapai Citilink terhadap kepuasaan wisatawan domestik di Bandar Udara Internasional Lombok. Dan Untuk mengatahui besarnya pengaruh kualitas layanan Low Cost Carrier pada   Maskapai Citilink terhadap kepuasaan wisatawan domestik di Bandar Udara Internasional Lombok. Untuk melihat apakah Pelayanan memiliki dampak yang sinkron terhadap kepuasan penumpang Citilink.

            Penelitian ini menggunakan pengujian kuantitatif dengan gambaran strategi yang dipilih sebagai informasi penting dengan menggunakan kuesioner. Populasi yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu penumpang maskapai citilink di Bandar Udara Zainuddin Abdul Majid. pada sampel yang berjumlah sebesar 60 responden. Teknik analisis data menggunakan bantuan imb SPSS statistics21.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha yang menyatakan Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan wisatawan domestik di Bandara Udara Internasional Lombok. Besar pengaruh variabel kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan Maskapai Citilink dapat dilihatdarihasilujiKoefisienDeterminasibahwakoefisienkorelasi (R) sebesar 0,479 yang artinya terdapat hubungan yang kuat antara variabel independen terhadap variabel dependen karena nilai R mendekati angka 1. Hal itu menunjukkan semakin besar nilai X maka semakin besar pula nilai Y. nilai R2 sebesar 0,230 yang berarti 23% kepuasan pelanggan dipengaruhi variabel kualitas layanan. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas layanan yang dirasakan mempunyai pengaruh yang kuat terhadap kepuasan pelanggan pada wisatawan domestik di Bandara udara Internasional Lombok.

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Kurniatun, M. ., & S.Ip., M.M , H. (2022). PENGARUH KUALITAS LAYANAN LOW COST CARRIER (LCC) PADA MASKAPAI CITILINK TERHADAP KEPUASAAN WISATAWAN DOMESTIK DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL LOMBOK ZAINUDDIN ABDUL MADJID . Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(2), 24–29. https://doi.org/10.55606/jumbiku.v2i2.297

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.