PENGARUH KOMPENSASI, KEPEMIMPINAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN PT. INI INDONESIA

Authors

  • Robby Andika Kusumajaya Universitas Sains Dan Teknologi Komputer
  • Tamara Putri Herawati

DOI:

https://doi.org/10.55606/jumbiku.v2i3.1216

Keywords:

Kompensasi, Kepemimpinan, iKepuasan Kerja, Turnover Intention

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi, kepemimpinan dan kepuasan kerja terhadap niat turnover kepada karyawan. Populasi penelitian ini adalah semua karyawan, Ada 280 orang. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 74 responden. Sampel ditentukan berdasarkan rumus Slovin. Data dikumpulkan untuk mengukur 17 butir soal dengan menyebarkan kuesioner menggunakan kuesioner likert.

Penelitian ini menggunakan kuesioner metod kuantitatif sebagai instrumen. Teknik analisis data digunakan analisis kualitatif, pengujian instrumen menggunakan validasi dani reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi multi linear. Sedangkan hipotesis data menggunakan uji-t, uji-F dan koefisien determinasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompensasi, kepemimpinan dan kepuasan kerja memiliki pengaruh negatif yang signifikan. Hasil uji-t bahwa kompensasi, ikepemimpinan, kepuasan kerja tidak berpengaruh dan tidak signifikan. Hasil uji F bahwa kompensasi, kepemimpinan dan kepuasan kerja secara kolektif berpengaruh terhadap niat turnover dan hasilnya Adjusted R Square sekitar 12,2%. Artinya, variabel kompensasi, kepemimpinan dan kepuasan kerja menunjukkan bahwa niat turnover sekitar 12,2%. Sedangkan residu sekitari 87,8% menjelaskan variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini, misalnya lingkungan kerja, motivasi kerja dan jalur karir.

Berdasarkan analisis data, perusahaan disarankani untuk memberikan kompensasi beban kerja yang sesuai, tahun kerja, upah lembur dan hari libur dengan sistem kepemimpinan sebagai inovatif, motivatif, komunikatif dan menciptakan kepuasan kerja dapat menekan tingkat niat turnover.

References

Ainun, Dtf. 2020. Pengertian Kepemimpinan : Tujuan, Teori, Fungsi dan Contoh Leadership. https://salamadian.com/pengertian-kepemimpinan/, diakses pada tanggal 10 Maret 2020 pukul 10.40

Handoko, T. H. (2014). Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE UGM.

Harnoto. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Prehallindo.

Hasibuan, S.P Malayu. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia . Edisi Revisi, Cetakan Ketujuh. Jakarta ; Bumi Aksara.

Khoyunita. 2013. Kompensasi Manajemen. Http://khoyunitapublish.wordpress.com/ 2013/02/25/kompensasi-manajemen/, diakses pada tanggal 3 Maret 2020 pukul 19.35

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan . Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Robbins, P. S. (2013). Perilaku Oirganisasi. Jakarta: Indeks Gramedia Group.

Siagian, S. P. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Siti, N.H., & Suryadi, D.S. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi, Komunikasi dan Motivasi Kerja terhadap Turnover Intention Pegawai dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Antara . Jurnal Maksiprenuer 7 (2) 162-173.

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suryadharma, I.M.A., Riana, I.G., & Sintaasih, D.K. (2016). Pengaruh Kepemimpinan dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan. E-Journal Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana 5 (2) 335-358.

Sutrisno, E. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Kencana.

Thoha, M. (2012). Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Implikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Umar, H. (2010). Design Penelitian MSDM dan Perilaku Karyawan: Paradigma Positivistik dan Berbasis Pemecahan Masalah. Jakarta: Rajawali Pers.

Waspodo, A.A.W.S., Handayani, N.C., & Paramita, W. (2013). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Stres Kerja terhadap Turnover Intention pada Karyawan PT. Unitex di Bogor. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRSMI) 4 (1) 97-115.

Downloads

Published

2022-12-27

How to Cite

Kusumajaya, R. A., & Herawati, T. P. . (2022). PENGARUH KOMPENSASI, KEPEMIMPINAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN PT. INI INDONESIA. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(3), 82–88. https://doi.org/10.55606/jumbiku.v2i3.1216

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.