HUBUNGAN SELF EFFICACY DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEPATUHAN DIIT RENDAH GARAM PENDERITA HIPERTENSI PADA LANSIA DENGAN OBESITAS

Authors

  • Maya Cobalt Angio Septianingtyas Stikes Telogorejo Semarang
  • Danny Putri Sulistyaningrum Stikes Telogorejo Semarang
  • Juliana Dwi Puspita Widiati Stikes Telogorejo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jrik.v2i3.696

Keywords:

Hipertensi, kepatuhan diit rendah garam, self efficacy, dukungan keluarga, lansia, obesitas.

Abstract

Hipertensi merupakan masalah kesehatan yang paling banyak terjadi pada lansia karena mengalami penurunan fungsi fisiologis akibat proses degeneratif. Faktor risiko hipertensi yang dapat diubah salah satunya yaitu obesitas. Penyebab kejadian hipertensi pada lansia dengan obesitas yaitu asupan natriumnya yang tinggi. Pengobatan non farmakologis merupakan hal penting, seperti memaksimalkan kepatuhan dalam memodifikasi gaya hidup  dengan diit rendah garam. Kepatuhan dalam menjalankan diit rendah garam dipengaruhi oleh self efficacy dan dukungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan self efficacy dan dukungan keluarga terhadap kepatuhan diit rendah garam penderita hipertensi lansia dengan obesitas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional menggunakan desain cross sectional dengan pendekatan kuantitatif dilakukan di Puskesmas Manyaran Semarang. Sampel dipilih menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel 107 responden. Uji statistik menggunakan uji Spearman rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan self efficacy dengan kepatuhan diit rendah garam penderita hipertensi lansia dengan obesitas dengan arah korelasi positif dan berkekuatan sedang (p value=0,001; r=0,537) dan ada hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan diit rendah garam penderita hipertensi lansia dengan obesitas dengan arah korelasi positif dan berkekuatan sedang (p value=0,001; r=0,579). Rekomendasi hasil penelitian ini adalah diharapkan perawat dapat meningkatkan self efficacy dengan memberikan penguat positif dan motivasi serta kalimat-kalimat positif pada lansia hipertensi agar yakin dapat mematuhi diit rendah garam dan perawat juga dapat membentuk  kelompok pendukung (Support Group) yang terdiri dari keluarga yang memiliki lansia hipertensi, sehingga diharapkan antar anggota kelompok dapat berbagi informasi terkait bagaimana memberikan dukungan keluarga yang baik seperti menyediakan menu makanan khusus diit rendah garam kepada  lansia hipertensi di rumah untuk menjaga tekanan darah tetap terkontrol.

References

Adriaansz, P.N. (2016). Hubungan Konsumsi Makanan dengan Kejadian Hipertensi pada Lansia di Puskesmas Ranomuut Kota Manado. E-Journal Keperawatan, Vol.4 No.1.

Anggai, A.I. (2015). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Perilaku Berisiko terhadap Kesehatan pada Remaja. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Anggara, FHD., Prayitno, N. (2013). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Tekanan Darah di Puskesmas Telaga Murni Cikarang Barat Tahun 2012. Jurnal Imiah Kesehatan, Vol.5 No.1.

Arsyta, S. (2017). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Self Efficacy pada Pasien dengan Penyakit Stroke di Ruang Rawat Jalan Poli Saraf Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Syarif Mohammad Alkadrie Kota Pontianak. Proners, Vol.3 No.1.

Bisnu, MI., Kepel BJ., Mulyadi. (2017). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Derajat Hipertensi pada Pasien Hipertensi di Puskesmas Ranomuut Kota Manado. E-Journal Keperawatan, Vol.5 No.1.

Brilianifah, Y.N. (2017). Hubungan Pengetahuan dan Dukungan Keluarga terhadap Kepatuhan Diit Hipertensi pada Pasien Hipertensi Rawat Jalan di RSU Queen Latifa Sleman Yogyakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Choirunnisa, L. (2018). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Melakukan Kontrol Rutin pada Penderita Diabetes Mellitus di Surabaya. Universitas Airlangga Surabaya.

Christy, J & Lamtiur, J.B. (2020). Status Gizi Lansia. Yogyakarta: Deepublish.

Darmojo, B.M. (2011). Buku Ajar Geriatri (Ilmu Kesehatan Usia Lanjut). Jakarta: Balai Penerbit FKUI

Dinas Kesehatan Kota Semarang. (2019). Profil Kesehatan 2019. Semarang : Dinkes.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. (2019). Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019. Semarang : Dinkes.

Ekasari, M.F. (2018). Meningkatkan Kualitas Hidup Lansia Konsep dan Berbagai Hipertensi. Malang: Wineka Media.

Feist, J., Roberts, T. (2017). Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba Medika

Haneysti, I Gusti A.D.T. (2017). Hubungan Efikasi Diri dengan Kepatuhan Diet Rendah Garam pada Pasien Hipertensi di Rumah Sakit dr. Soepraoen Malang. Universitas Brawijaya Malang.

Harmoko. (2012). Asuhan Keperawatan Keluarga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hendrawati, I.A. (2018). Hubungan Pengetahuan dengan Kepatuhan Diet Hipertensi pada Lansia di Kampung Honje Luhur Kelurahan Sukagalih Wilayah Kerja PKM Pembangunan Kecamatan Taragong Kidul Kabupaten Garut Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada: Jurnal Ilmu-ilmu Keperawatan, Analis Kesehatan dan Farmasi, Vol.18 No.1.

Jannah, M.Z. (2017). Hubungan Efikasi Diri dengan Kepatuhan Diit Rendah Garam pada Lansia di Wilayah Kerja Jelbuk Kabupaten Jember. Universitas Muhammadiyah Jember.

Kemenrian Kesehatan RI. (2018). Epidemi Obesitas. Jakarta : P2PTM.

Kementrian Kesehatan RI. (2013). Pedoman Teknis Penemuan dan Tatalaksana Hipertensi. Jakarta : Ditjen Pengendalian Penyakit, Kemenkes.

Kementrian Kesehatan RI. (2014). Laporan Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta : Badan Litbangkes, Kemenkes.

Kementrian Kesehatan RI. (2019). Buku Pedoman Manajemen Penyakit Tidak Menular. Jakarta : P2PTM.

Kementrian Kesehatan RI. (2019). Laporan Riset Kesehatan Dasar 2018. Jakarta : Badan Litbangkes, Kemenkes.

Muchtadi, T.R. (2013). Prinsip Proses dan Teknologi Pangan. Bandung: Alfabeta

Musfirah. (2019). Analisis Faktor Risiko dengan Kejadian Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Takalala Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Jurnal Kesehatan Global, Vol.2 No.2.

Nita, Y. (2018). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Diet Pasien Hipertensi di Puskesmas Payung Sekaki Pekanbaru Tahun 2017. Jurnal Ilmu Kesehatan, Vol.6. No. 1.

Okatiranti. (2017). Hubungan Self Efficacy dengan Perawatan Diri Lansia Hipertensi. Jurnal Keperawatan BSI, Vol 5 No.2.

Perdana, M.A. (2017). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Diit Hipertensi pada Lansia di Dusun Depok Ambarketawang Gamping Sleman Yogyakarta. Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Puspita, T. (2019). Hubungan Efikasi Diri dengan Kepatuhan Diet pada Penderita Hipertensi. Jurnal Kesehatan Indra Husada, Vol.7 No.1.

Putri, Ni Gusti A.Y. (2021). Hubungan Efikasi Diri dengan Kepatuhan Diit Rendah Garam pada Lansia Hipertensi di Desa Kemenuh Wilayah Kerja Puskesmas Sukawati. Stikes Bina Usada Bali.

Ramadhani, L.P. (2020). Hubungan Self Efficacy dengan Problem Focused Coping pada Pasien Hipertensi. Jurnal Ners Widya Husada, Vol.7 No.1.

Salmiyati, S. (2018). Pengaruh Self Help Group terhadap Pengetahuan tentang Hipertensi. Universitas Unisa Yogyakarta.

Sunaryo, dkk. (2015). Asuhan Keperawatan Gerontik. Yogyakarta: CV Andi Offset

Susetyowati, dkk. (2018). Peranan Gizi dalam Upaya Pencegahan Penyakit Tidak Menular. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Tumenggung, I. (2013). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Efikasi Diri dengan Kepatuhan Diet Pasien Hipertensi di RSUD Toto Kabila Kabupaten Bone Bolango.

Tumenggung, I. (2013). Hubungan Dukungan Sosial Keluarga dengan Kepatuhan Diet Pasien Hipertensi di RSUD Toto Kabila Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Health and Sport, Politeknik Kesehatan Gorontalo.

Udiyani, R. (2019). Pengaruh Dukungan Keluarga dan Self Efficacy dengan Kepatuhan Diet pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2. Jurnal Darul Azhar, Vol.7 No.1.

Utomo, A.S. (2019). Status Kesehatan Lansia Berdayaguna. Surabaya: Media Sahabat Cendekia

Wahyudi, W.T. (2020). Dukungan Keluarga, Kepatuhan dan Pemahaman Pasien terhadap Diet Rendah Garam pada Pasien dengan Hipertensi. Holistik Jurnal Kesehatan. Vol.14 No.1.

Warren F.J., et.al. (2012). The Assiciation Between Self-Efficacy and Hypertension Self Care Activities among African American Adults. Journal of Community Health, 37 (1).

Wulandari, E. (2017). Korelasi Self Efficacy dan Social Support dengan Kepatuhan Menjalani Hemodialisis pada Pasien Chronic Kidney Disease (CKD) di RSUD Dr. H. Soewondo Kendal. Stikes Telogorejo Semarang.

Downloads

Published

2022-11-21

How to Cite

Maya Cobalt Angio Septianingtyas, Danny Putri Sulistyaningrum, & Juliana Dwi Puspita Widiati. (2022). HUBUNGAN SELF EFFICACY DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEPATUHAN DIIT RENDAH GARAM PENDERITA HIPERTENSI PADA LANSIA DENGAN OBESITAS. Jurnal Rumpun Ilmu Kesehatan, 2(3), 106–120. https://doi.org/10.55606/jrik.v2i3.696