PENGARUH TERAPI MUSIK RELIGI TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES PADA LANSIA DI PANTI WERDHA LKS LU BERINGIN HUTUO LIMBOTO

Authors

  • Novitasari Novitasari Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Rona Febriyona Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Andi Nur Aina Sudirman Universitas Muhammadiyah Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.55606/jrik.v3i1.1317

Keywords:

Lansia, Musik Religi, Tingkat Stres

Abstract

Lansia yang tinggal di panti werdha merasa jauh dari keluarga dan harus beradaptasi dengan lingkungan panti, lansia yang tidak dapat beradaptasi menyebabkan masalah pada fungsi mental lansia seperti stres, upaya untuk mengurangi tingkat stres dengan terapi musik religi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi musik religi terhadap penurunan tingkat stress pada lansia di Panti Werdha LKS LU Beringin Hutuo Limboto. Desain penelitian kuantitatif dengan metode pra-eksperimental dengan one group pre post test design. Sampel sejumlah 30 lansia di Panti Werdha LKS LU Beringin Hutuo Limboto yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian diperoleh rata-rata tingkat stres sebelum terapi musik religi adalah 18.87 dan rata-rata tingkat stres sesudah diberikan terapi musik religi adalah 11,13, hasil uji t-tes berpasangan diperoleh nilai p-value 0,000 (< α 0,05) artinya ada pengaruh terapi musik religi pada lansia di Panti Werdha LKS LU Beringin Hutuo Limboto. Musik religi dapat menekan pelepasan hormon stres yang menyebabkan lansia menjadi lebih rileks dan bahagia sehingga terjadi penurunan tingkat stres. Maka dari itu, ada pengaruh terapi musik religi pada lansia Panti Werdha LKS LU Beringin Hutuo Limboto.

 

References

Susanty, N. E. (2021). Risiko Disfungsi Seksual Pada Laki-Laki Lanjut Usia. Media Sains Indonesia.

Siregar, P. H., & Marpaung, R. F. (2022). Monograf Perbedaan Pengetahuan Sebelum dan Sesudah Penyuluhan Mencuci Tangan Pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Lansia. PT Inovasi Pratama Internasional.

Badan Pusat Statistik. (2021). Statistik Penduduk Lanjut Usia 2021. Badan Pusat Statistik.

Patinkin, A., Utami, S. S., & Yudiati, E. A. (2021). Modul Emotional Focosed Therapy (EFT) untuk Menurunkan Gejala Depresi Pada Lansia Di Panti Werda. Universitas Katolik Soegijapranata.

Lesmana, G. (2021). Bimbingan Konseling Populasi Khusus. Kencana.

Purnomo, A. R. P., Amanullah, M. G., Elsy, P., Saraswati, T., & Mulyani, N. E. S. (2019). Matahari Khatuliswa: Hubungan Indonesia-Jepang dalam Perspektif Sastra dan Sosial Budaya. Airlangga Univeristy Press.

Sitanggang, Y. F., Frsica, S., Sihombing, R. M., Koerniawan, D., Tahulending, P. S., Febrina, C., Purba, D. H., Saputra, B. A., Rahayu, D. Y. S., Paula, V., Pranata, L., & Siswadi, Y. (2021). Keperawatan Gerontik. Yayasan Kita Menulis.

Wandira, S. A., & Alfianto, A. G. (2021). Merubah Stigma Sosial Pada Seseorang dengan Covid-19. CV Literasi Nusantara Abadi.

Tasalim, R., & Cahyani, A. R. (2021). Stres Akademik dan Penanganannya. Guepedia.

Marwah, & Ladjiru, E. F. (2016). Terapi Musik Religi Terhadap Tingkat Stres Pada Lansia Di UPT PSTW Kasian Jember. Jurnal Kesehatan Dr. Soebandi, 4(2), 226–233.

Rohmana, O. (2022). Lansia Sehat dan Produktif. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Kaunang, V. D., Buanasari, A., & Kallo, V. (2019). Gambaran Tingkat Stres Pada Lansia. Jurnal Keperawatan, 7(2). https://doi.org/10.35790/jkp.v7i2.24475

Gunawan, A. W. (2016). The Miracle of Mind Body Medicine. Gramedia Pustaka Utama.

Nussy, L. R. (2019). Pengaruh Pemberian Terapi Musik Religion Terhadap Penurunan Tingkat Stres Pada Lansia Di Panti Werdha Jambangan Kota Surabaya. Tesis Universitas Merdeka Surabaya.

Suwardianto, H., & Astuti, V. W. (2020). Buku Ajar Keperawatan Kritis: Pendekatan Evidence Base Parctice Nursing. Chakra Brahmanda Lentera.

Suryati, I. (2021). Buku Keperawatan Latihan Efektif Untuk Pasien Diabetes Melitus Berbasis Hasil Penelitian. Deepublish.

Downloads

Published

2023-03-07

How to Cite

Novitasari Novitasari, Rona Febriyona, & Andi Nur Aina Sudirman. (2023). PENGARUH TERAPI MUSIK RELIGI TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES PADA LANSIA DI PANTI WERDHA LKS LU BERINGIN HUTUO LIMBOTO. Jurnal Rumpun Ilmu Kesehatan, 3(1), 116–125. https://doi.org/10.55606/jrik.v3i1.1317