FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN RAWAT JALAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LIMBOTO

Authors

  • Sri Sintiyas Y. Pipi Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Sabirin B. Syukur Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Abdul Wahab Pakaya Universitas Muhammadiyah Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.55606/jrik.v3i1.1269

Keywords:

Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan Kesehatan

Abstract

Kualitas Pelayanan Kesehatan adalah tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam menimbulkan rasa puas pada diri setiap pasien yang berpendapat bahwa semakin puas rasa kesempurnaan maka makin baik pula mutu pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan rawat jalan di Wilayah Kerja Puskesmas Limboto. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross cestional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 98 orang, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive  sampling dengan analisis uji statistik chi square dengan tingkat signifikan α (0,05). Dari hasil penelitian Lima Dimensi Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap kepuasan pasien yaitu nilai p value dimensi responsiveness (0,000), assurance (0,001) tangibles (0,000), emphaty (0,001) dan reliability (0,000). Dapat disimpulkan bahwa lima faktor dimensi pelayanan kesehatan saling berhubungan dengan kepuasan pasien di wilayah kerja Puskesmas Limboto.

 

References

Budiharjo, N., Saimi, Menap, Sismulyanto, & Nurdiana, O. L. (2022). Perbedaan Tingkat Kepuasan Antara Pasien Pengguna Bpjs Kesehatan Dengan Klu Sehat. Jurnal Keperawatan Silampari, 5, 689–697.

Musa Hendra. (2022). Pengaruh Kua Litas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Klinik Citra Utama Palembang.

Nailah, A. A., Yuliani, & Nurhidayat. (2021). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pelayanan Bpjs Kesehatan Di Rs Hikmah Makassar.

Nova. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Surakarta .

Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional (Edisi 4). Salemba Medika.

Nursalam. (2020). Manajemen Keperawatan Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesioanl. (Edisi 5.). Salemba Medika.

Permana, I. G. A. S., Krisnawati, K. M. S., & Swedarma, K. E. (2020). Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Jalan Dalam Menerima Pelayanan Bpjs Kesehatan Di Puskesmas Blahbatuh I Gianyar. Coping: Community Of Publishing In Nursing, 8(3), 312.

Prasojo. (2016). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Ahass 0797 Kencanasari I Surabaya, Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen. 5(8), 1–8.

Sapitri, P., & Sari, I. (2021). Tingkat Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Kesehatan Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Di Uptd Puskesmas Rawat Inap Ciranjang. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(10), 1323–1333.

WHO. (2017). The World Health Report 2017 : Primary Health Care Now More Than Ever. Geneva, Switzerland : author.

Zainafre, I. (2016). Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien rawatjalan di puskesmas lamper tengah kecamatan semarang. Public Health Perspective Journal. ISSN 2528-5998, 45-52, 3(2), 80–91.

Downloads

Published

2023-03-21

How to Cite

Sri Sintiyas Y. Pipi, Sabirin B. Syukur, & Abdul Wahab Pakaya. (2023). FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN RAWAT JALAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LIMBOTO. Jurnal Rumpun Ilmu Kesehatan, 3(1), 155–164. https://doi.org/10.55606/jrik.v3i1.1269