HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK DUKUNGAN SUAMII DENGAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARE (ANC) PADA IBU HAMIL DI POSYANDU DESA JANEGARA KECAMATAN JATIBARANG KABUPATEN BREBES TAHUN 2022

Authors

  • Rosmalia Kamil Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Brebes

DOI:

https://doi.org/10.55606/jrik.v3i1.1268

Keywords:

Dukungan suami, Kunjungan antenatal care

Abstract

Antenatal Caree (Pemeriksaan Kehamilan) merupakan caraa pentingg untuk mendukung dan memonitoring kesehatann pada ibuu hamill serta mendeteksi kehamilan normal, ibui hamil sebaiknyaa dianjurkann mengunjungii bidan serta dokterr sedinii mungkinn semenjakk iaa merasakan dirinya hamil untuk mendapatkann pelayanann Antenatall Caree. Pada masalah kasus psikologis ibu hamil yang beratt perluu doronganu dan dukungan darii orang terdekat dalami keluarga. Karenaa pengaruh faktor psikologis kepada kehamilann merupakan ketidakmampuani pengasuhan kehamilani dan mempunyaii potensi melakukan tindakani yang membahayakani terhadap kehamilan. Penelitian inii bertujuani untuk mengetahuii hubungan antara karakteristik dukungani suami dengani kunjungan Antenatal Caree padai ibu hamil di Posyandu Desa Janegara Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun 2022.Pada jenis penelitian inii menggunakan penelitian analitikk dengan rancangan penelitian cross-sectional. Sedangkan populasi penelitiann ini adalahi  ibu hamil yang melakukani kunjungan Antental Caree di Posyandu Desa Janegara Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes bulan Januari sampai Mei Tahun 2022 dengan sampel berjumlah 47 responden yang diambil secara random sampling. Pengumpulani data dilakukan dengan  menggunakani data primeri dani sekunder. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa Sebagian besar mendapatkan dukungan instrumental 33 responden (70%), dukungan informasional 45 responden (96%), dukungan emosional 42 responden (89%), dukungan penilaian 43 responden (91%), sedangkan Hubungan dukungan instrumental dengan kunjungani Antenatal Care  pada ibu hamil sebagian besar responden 30 (63%) melakukan kunjungan ANC secara teratur mendapatkan dukungan instrumental dan sebagian kecil responden 4 (9%) yang melakukan kunjungan ANC secara teratur tidak mendapatkan dukungan instrumental, Hubungan dukungan emosional dengan kunjungan Antenatal Caree pada ibu hamili sebagian besar responden 32 (68%) melakukan kunjungan ANC secara teratur mendapatkan dukungan emosional dan sebagian kecil responden 10 (21%) yang melakukan kunjungan ANC secara teratur tidak mendapatkan dukungan emosional. Terdapat hubungan antara dukungan instrumental dan dukungan emosional dengan kunjungan ANC pada ibu hamil di Posyandu Desa Janegara Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun 2022. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa sebagiani besar ibu hamili yang melakukani kunjungani Antental Care di Posyandu Desa Janegara mendapatkan dukungan dari suami baik dukungan instrumental dan dukungan emosional, dan penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan  referensii khususnya bagi tenaga kesehatan sehingga akan meningkatkan mutu pelayanan pada masyarakat yang berkaitan dengan kunjungan Antental Care.

References

Prawirohardjo, Sarwono. (2009). Ilmu Kebidanan. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka.

Kusmiyati Y, dan Heni, 2013. Asuhan Ibu Hamil. Yogyakarta: Fitramaya

Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes. 2021. Profil Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Tahun 2021. Jawa Tengah.

Sarafino, E. P., Timothy W. Smith. 2011. Health Psychology: Biopsychosocial Interactions, 7th edition. Amerika Serikat: John Wiley & Sons, Inc.

Bobak, L. Jensen. (2005). Buku Ajar Keperawatan Maternitas. Jakarta : EGC

Departemen Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. (2011). Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2011. http://www.dinkesjatenprov.go.id/.

Dinkes Jateng. (2021). Profil Kesehatan Jawa Tengah Tahun 2021 Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Henderson, C., & Jones, K. (Eds.). (2006). Buku ajar-Konsep kebidanan (Ria Anjarwati, Renata Komalasari & Dian Adiningsih, Penerjemah). Jakarta: EGC.

Salmah , dkk. 2013. Asuhan Kebidanan Antenatal. Jakarta: EGC

Marmi. (2011). Asuhan Pada Masa Antenatal. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Mufdlilah. 2009. Panduan Asuhan Kebidanan Ibu Hamil. Yogyakarta: Nuha Medika. Hal. 11-13, 15-18, 21, 45

Saryono dan Ari Setiawan. 2011. Metodologi Penelitian Kebidanan DIII, DIV, S1 dan S2. Yogyakarta: Nuha Medika.

Dewi, V. N. L. dan Tri Sunarsih. 2012. Asuhan Kebidanan pada Ibu Nifas. Jakarta: Salemba Medika

Badriah, (2012). Metodologi Penelitian Ilmu-Ilmu Kesehatan. Bandung :

Multazam.

Dewi, V.N.L dan Sunarsih, Tri. (2011). Asuhan Kehamilan untuk Kebidanan. Jakarta : Salemba Medika.

Marmi. (2011). Asuhan Pada Masa Antenatal. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Ika, Saryono. (2010). Asuhan Kebidanan I. Yogyakarta : Nuha Medika.

Setiadi, (2008). Konsep dan Proses Keperawatan Keluarga. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Downloads

Published

2023-03-09

How to Cite

Rosmalia Kamil. (2023). HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK DUKUNGAN SUAMII DENGAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARE (ANC) PADA IBU HAMIL DI POSYANDU DESA JANEGARA KECAMATAN JATIBARANG KABUPATEN BREBES TAHUN 2022. Jurnal Rumpun Ilmu Kesehatan, 3(1), 147–154. https://doi.org/10.55606/jrik.v3i1.1268