PENGARUH RENDAMAN KAKI AIR HANGAT DENGAN CAMPURAN GARAM TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITAHIPERTENSI DI DESA DUNGGALA, KECAMATAN BATUDAA

Authors

  • Yuninda Tomayahu Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Rona Febriyona Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Andi Nur Aina Sudirman Universitas Muhammadiyah Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.55606/jrik.v3i1.1221

Keywords:

Hipertensi, Tekanan darah, Rendaman air hangat dengan campuran garam.

Abstract

Hipertensi merupakan tekanan abnormal tinggi di dalam arteri melebihi 140/90 mmHg. Penelitian ini bertujuan untuk menstabilkan atau menurunkan tekanan darah. Desain penelitian equivalent control group design menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Tehnik pengampilan sampel total sampling. Jumlah sampel 34. Rendaman kaki air hangat dengan campuran garam memberikan efek fisiologis terhadap jantung dan tekanan hidrostatik air terhadap tubuh mendorong aliran darah dari kaki menuju kerongga dada dan darah akan berakumulasi di pembuluh darah besar jantung. Hasil penelitian terdapat pengaruh rendaman kaki air hangat dengan campuran garam terhadap penurunan tekanan darah pada hipertensi dan terdapat perbedaan tekanan darah sebelum dan sesudah pada kelompok intervensi dan kontrol. Terdapat pengaruh Rendaman Kaki Air Hangat Dengan Campuran Garam Terhadap Penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi di Desa Dunggala, Kecamatan Batudaa, didapatkan nilai signifikan atau p-value <0,05 artinya ada perbedaan tekanan darah sebelum dan sesudah padah kelompok intervensi dan kontrol. Diharapkan kepada masyarakat dapat menjadikan terapi ini sebagai alternatif untuk menurunkan tekanan darah pada hipertensi.

 

 

 

References

Manuntung, A. (2019). Terapi Perilaku Kognitif Terhadap Pasien Hipertensi. In Terapi Perilaku Kognitif Pada Pasien Hipertensi. https://www.google.co.id/books/edition/TERAPI_PERILAKU_KOGNITIF_PADA_PASIEN_HIP/VWGIDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=hipertensi&printsec=frontcover

Gabriella, koloway christie brenda, Joshua, R., & Gerald, langi fima lanra fredrik. (2021). Status Gizi Penderita Hipertensi Di Wilayah Kerja Puseksmas Kinilow Tomohon. Journal of Public Health, 2(1), 7–13.

Podungge, Y. (2020). Hubungan Umur dan Pendidikan dengan Hipertensi pada Menopause The Correlation between Age and Education with Hypertension at Menopause. Gorontalo Journal of Public Health, 3(2), 154–161.

Bariyah, C. (2021). Case study. 18–25.

Fitrina, Y., Anggraini, D., & Anggraini, L. (2021). Prosiding Seminar Kesehatan Perintis E-ISSN : 2622-2256 Pengaruh Terapi Rendam Kaki Air Hangat dengan Garam dan Serai terhadap Tekanan Darah pada Lansia Hipertensi Prosiding Seminar Kesehatan Perintis E-ISSN : 2622-2256. 4(2), 1–10.

Fildayanti. Dharmawati, T. L. A. R. P. (2020). Pengaruh Pemberian Rendam Kaki Air Dengan Air Hangat Campuran Garam Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi. Jurnal Ilmiah Karya Kesehatan, 1(1), 70–76. https://stikesks-kendari.e-journal.id/jikk

Ambarwati, Uliya, & Ismatul. (2020). Terapi Rendam Kaki Menggunakan Air Hangat Dengan Campuran Garam Dan Serai Untuk Menurunkan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi. Jurnal Profesi Keperawatan Academi Keperawatan Krida Husada Kudus, 7(2), 88–102.

Malibel, Y. A. A. (2020). Pengaruh Pemberian Hidroterapai (Rendam Kaki Air Hangat) Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Sikumana Kota Kupang. CHMK Health Journal, 4(Januari), 0–7.

Downloads

Published

2023-03-13

How to Cite

Yuninda Tomayahu, Rona Febriyona, & Andi Nur Aina Sudirman. (2023). PENGARUH RENDAMAN KAKI AIR HANGAT DENGAN CAMPURAN GARAM TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITAHIPERTENSI DI DESA DUNGGALA, KECAMATAN BATUDAA. Jurnal Rumpun Ilmu Kesehatan, 3(1), 38–48. https://doi.org/10.55606/jrik.v3i1.1221