GAMBARAN TINGKAT STRES MAHASISWA STIKES HANGTUAH PEKANBARU DALAM MENJALANKAN PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH SELAMA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Meylani Pristiwati Sitorus STIKes HANG TUAH PEKANBARU
  • Dewi Kurnia Putri STIKes HANG TUAH PEKANBARU
  • Sekani Niriyah STIKes HANG TUAH PEKANBARU

DOI:

https://doi.org/10.55606/jrik.v3i1.1209

Keywords:

Stres, pembelajaran daring, covid-19, mahasiswa

Abstract

Perubahan proses belajar dari tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi menuai berbagai macam respon pada mahasiswa, salah satunya adalah stres. Stres yang dialami dapat mempengaruhi hasil pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat stres mahasiswa STIKes Hang Tuah Pekanbaru saat menjalani pembelajaran jarak jauh selama pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa/i program studi sarjana keperawatan yang berjumlah 242 mahasiswa dan dipilih 151 mahasiswa dengan propotionate random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner DASS-42. Hasil penelitian yang dilakukan di STIKes Hang Tuah diketahui bahwa mahasiswa memiliki tingkat stres berat yaitu sebesar 17,2% stres berat dan 11,9% stres sedang, kemudian pada penelitian ini umur rata-rata responden adalah 20 tahun, mayoritas responden berjenis kelamin perempuan, dengan karakteristik responden berdasarkan tempat tinggal, mayoritas responden tinggal dengan orang tua, serta lokasi tempat tinggal mayoritas berada di luar Kota Pekanbaru. Dari hasil penelitian ini diharapkan mahasiswa dengan kondisi tingkat stres sedang dan berat untuk melakukan konsultasi dengan dosen pengampu atau ahli agar dapat beradaptasi dalam menghadapi situasi dan kondisi yang dapat menyebabkan stres.

 

 

References

Adryana, N. C., Apriliana, E., & Oktaria, D. (2020). Perbandingan Tingkat Stres pada Mahasiswa Tingkat I , II dan III Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Majority, 9(2), 142–149.

Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S. dan Astuti, R. T. (2019) “Gambaran tingkat stres mahasiswa,” Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 5(1), hal. 40–47.

Bungin, B. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Lainnya. Jakarta: Kencana.

Crisp, J., Douglas, C & Rebeiro, G. (2013). Potter & Perry’s Fundamentals of Nursing- Australian Version (4th Ed). Australia: Mosby Australia

Damanik, E. D. (2011) “The measurement of reliability, validity, items analysis and normative data of Depression Anxiety Stress Scale (DASS),” Diunduh dari.

Farajollahi, M., Zare, H., Hormozi, M., Sarmadi, M.R, & Zarifsanaee. (2010). A Conceptual Model for Effective Distance Learning in Higher Education. Turkish Online Journal of Distance Education. 11(3), 63-77.

Halimah, T. (2018) “Hubungan Tingkat Stres Akademik dengan Oligomenore pada Mahasiswi Tahun Pertama Pendidikan Dokter Universitas Andalas Tahun 2017.” Universitas Andalas.

Indarwati. (2018). Gambaran stres mahasiswa tingkat akhir dalam penyusunan skripsi di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar. Skripsi. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: hambatan, Solusi dan Proyeks. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1-8.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2020). Surat Edaran Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi: Masa Belajar Penyelenggaraan Program Pendidikan. April 4, 2020

Livana, P.H., Mubin, M.F., & Basthomi, Y. (2020). “Tugas Pembelajaran” Penyebab Stres Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203-208

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta

Nurmala, M.D., Wibowo, T.U.S., & Rachmayani, A. (2020). Tingkat Stres Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling,5(2), 13-23

Pathmanathan, V. V dan Husada, M. S. (2013) “Gambaran tingkat stres pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas sumatera utara semester ganjil tahun akedemik 2012/2013,” E-Journal FK USU, 1(1), hal. 1–4.

Rahmawati, I. (2020). Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan Jarak Jauh berbasisDigital Class Platform Edmodo. Universitas Terbuka Convention Center

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214- 224.

Thomas, B & Eryilmaz, E. (2014). How media choice affects learner interactions in distance learning classes. Computers & Education, 75, 112-126.

Ulfa, Z., & Mikdar, U. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Belajar, Sosial dan Kesehatan bagi Mahasiswa FKIP Universitas Palangka Raya. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 5(2), 124-138.

World Health Organization. (2020). Dasbor WHO Coronavirus Disease (Covid-19). June 26, 2020

Yuangga, K.D & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan Media dan Strategi Pembelajaran untuk mengatasi Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh di Pandemi Covid-19. JGK: Jurnal Guru kita, 4(3), 51-58.

Downloads

Published

2023-03-08

How to Cite

Meylani Pristiwati Sitorus, Dewi Kurnia Putri, & Sekani Niriyah. (2023). GAMBARAN TINGKAT STRES MAHASISWA STIKES HANGTUAH PEKANBARU DALAM MENJALANKAN PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH SELAMA PANDEMI COVID-19. Jurnal Rumpun Ilmu Kesehatan, 3(1), 27–37. https://doi.org/10.55606/jrik.v3i1.1209