Program Preventif Kelainan Postur pada Siswa dan Siswi di MIM Digdaya Bolon

Authors

  • Arif Pristianto Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Khairi Rizqi Fadhlika Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Eri Fersiana Safitri Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Pramudita Setya Widya Utami Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Yngvie Salma Kirani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sabina Nadhirah Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpikes.v2i3.521

Keywords:

Anak, Kifosis, Lordosis, Postur, Skoliosis.

Abstract

Salah satu gangguan pada tulang belakang adalah gangguan postur tubuh seperti scoliosis, kifosis maupun lordosis. Gangguan tulang belakang pada anak-anak khususnya pada siswa siswi di MIM Digdaya Bolon disebabkan karena duduk yang terlalu lama, posisi belajar yang buruk, penggunaan tas punggung yang baik, faktor fasilitas belajar yang kurang memadai (meja belajar dan kursi), kurangnya aktifitas fisik dan olahraga, serta faktor genetic. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mengedukasi mengenai bentuk kelainan postur, cara melakukan core stability exercise di rumah, postur duduk yang baik, dan cara menggunakan tas yang tepat. Metode pelaksanaan kegiatan dengan bentuk edukasi wayang, naskah dialog dan disampaikan dalam bentuk power point mengenai postur serta bentuk latihan core untuk pencegahan kelainan postur. Untuk mengetahui tingkat pemahaman dan pengetahuan anak terkait materi yang diberikan, sebelum penyampain materi dilakukan pre test dan post test dengan jumlah 5 soal pilihan ganda. Hasil didapatkan bahwa rata rata pengetahuan siswa sebelum mendapatkan penyuluhan materi (Pre test) adalah 61,14 dan sesudah mendapatkan penyuluhan materi (Post Test) adalah 72,57. Peningkatan hasil post test ini dipengaruhi oleh ketertarikan dan keantusiasan anak terhadap materi yang disampaikan dengan menggunakan karakter wayang postur.

References

Akuthota, V. et al. (2008) ‘Core stability exercise principles’, Current Sports Medicine Reports, 7(1), pp. 39–44. doi: 10.1097/01.CSMR.0000308663.13278.69.

Astutik, S. (2015) ‘Hubungan Antara Desain Kursi Kerja Dengan Keluhan Nyeri Punggung Bawah Pada Pekerja Bagian Penenunan Di Cv. Pirsa Art Pekalongan’, Unnes Journal of Public Health, 4(1), pp. 61–68.

Carini, F. et al. (2017) ‘Posture and posturology, anatomical and physiological profiles: Overview and current state of art’, Acta Biomedica, 88(1), pp. 11–16. doi: 10.23750/abm.v88i1.5309.

Dewi, I. G. A. P. A. and Widyastuti, I. A. P. (2016) ‘Gambaran Perubahan Postur Tubuh Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp) Akibat Penggunaan Tas Punggung Berat’, community of publishoing in Nursing(COPING)NER, 295(April), p. 35.

Dwi Setiyawati and Hendrawan, A. (2020) ‘Upaya Pencegahan Gangguan Tulang Belakang Pada Anak Sekolah Dasar Melalui Program Pelatihan Back School Fisioterapi’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Al-Irsyad (JPMA), 2(1), pp. 72–78. doi: 10.36760/jpma.v2i1.82.

Gür, G., Ayhan, C. and Yakut, Y. (2017) ‘The effectiveness of core stabilization exercise in adolescent idiopathic scoliosis: A randomized controlled trial’, Prosthetics and Orthotics International, 41(3), pp. 303–310. doi: 10.1177/0309364616664151.

Hanifah, A. . (2019) ‘Perpustakaan Universitas Airlangga’, Toleransi Masyarakat beda Agama, 30(28), p. 5053156.

Harahap, P., Huda, L. and Pujangkoro, S. (2013) ‘Analisis Ergonomi Redesain Meja Dan Kursi Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Teknik Industri USU, 3(2), pp. 38–44.

Izzah, N. (2020) ‘Perilaku hidup bersih dan sehat (phbs) penguatan kapabilitas anak dan keluarga’, Penguatan Kapabilitas Anak dan Keluarga, pp. 1–14.

Junita, R. G. et al. (2021) ‘Hubungan Aktivitas Duduk Lama Dengan Keluhan Musculoskeletal Pada Punggung Bawah: Critical Review’, FISIO MU: Physiotherapy Evidences, 2(3), pp. 150–161. doi: 10.23917/fisiomu.v2i3.15199.

Mulyana et al. (2020) Pembelajaran Jarak Jauh Era Covid-19, Litbangdiklat Press. Available at: www.balitbangdiklat.kemenag.go.id.

Nugroho, R. D., Dharmawan, T. M. and Kusumaningrum, A. T. (2021) ‘Program Preventif Primer Kelainan Postural Pada Anak Usia 10-12 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang’, FISIO MU: Physiotherapy Evidences, 3(1), pp. 67–72. doi: 10.23917/fisiomu.v3i1.12974.

Pelealu, J., Angliadi, L. S. and Angliadi, E. (2014) ‘Rehabilitasi Medik Pada Skoliosis’, Jurnal Biomedik (Jbm), 6(1), pp. 8–13. doi: 10.35790/jbm.6.1.2014.4157.

Pristianto, A. et al. (2019) ‘Urecol’, Upaya Pencegahan Dan Edukasi Gangguan Postur Pada Siswa Sdn 03 Pabelan Sukoharjo, pp. 1–6.

Waryani, S. (2017) ‘Hubungan Antara Beban Kerja Dengan Kejadian Postural Kifosis Pada Pekerja Buruh Gendong Wanita Di Pasar Gede Solo Jawatengah’, Jurnal Kesehatan Masyarakat, pp. 1–14.

Wicaksono, A. (2021) Buku Aktivitas Fisik dan Kesehatan. Available at: https://www.researchgate.net/publication/353605384.

Downloads

Published

2022-10-24

How to Cite

Arif Pristianto, Khairi Rizqi Fadhlika, Eri Fersiana Safitri, Pramudita Setya Widya Utami, Yngvie Salma Kirani, & Sabina Nadhirah. (2022). Program Preventif Kelainan Postur pada Siswa dan Siswi di MIM Digdaya Bolon. Jurnal Pengabdian Ilmu Kesehatan, 2(3), 21–27. https://doi.org/10.55606/jpikes.v2i3.521

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)